Kontingen Kota Tebing Tinggi secara mengejutkan tampil sebagai juara umum cabang tenis meja di Pekan Olahraga Provinsi (Porprovsu) 2019 yang berakhir di GOR Samudra Jalan Letda Sujono Medan, Rabu (26/6) sore dengan raihan 2 emas, 2 perak, 1 perunggu.

Tambahan satu perak Tebing Tinggi di hari terakhir dipersembahkan melalui nomor ganda putra Ahmad Husaimi/Adang Alwi usai di final kalah atas ganda putra Medan Dani Daud/Ada Al dengan skor 2-3 (9-11, 11-6, 8-11,11-4,7-11).

Torehan juara umum Tebing Tinggi ini diapresiasi manajer tim Alfisyah Putra yang menyebutkan hasil ini memang sudah sesuai dengan target awal.

"Ini hasil pembinaan dan kerja keras semua tim. Apa yang kita raih ini memang sudah maksimal. Mudah-mudahan ke depannya lebih baik," ucap Putra.

Sementara runner up menjadi milik Kabupaten Batubara dengan 2 emas, 1 perak, 2 perunggu.

Hasil itu diraih setelah di hari terakhir menambah 1 emas dan 1 perak, setelah terjadi final sesama atlet ganda putri Batubara.

Dalam laga final tersebut pasangan Batubara I Nabila Ulfa/ Ruayda Asdan berhasil mengalahkan Batubara II  Rizka Fadilah/Ade Fitrian dengan skor 3-0 (11-7, 11-7,11-6).

Meski hanya runner up, hasil itu merupakan prestasi membanggakan bagi mereka, sebab pada Porprov tahun 2014 tidak ada emas yang mereka raih.

Pelatih putri Batubara Deny Syahputra mengatakan memang pihaknya sejak awal  tidak menargetkan medali emas dan hanya berharap atletnya melakukan penampilan terbaik di Porprovsu tahun ini.

"Pembinaan kita sebenarnya sudah tahap jangka panjang karena memang atlet ini kita didik sejak kecil. Sekarang sektor putri kita sudah punya atlet andalan. Ke depan untuk sektor putra kita juga tengah lakukan pembinaan yang berjenjang," jelas Deny.

Sementara peringkat ketiga diraih Binjai dengan 1 emas, 2 perak, 1 perunggu. Keempat Labusel dengan 1 emas, 1 perak, 1 perunggu. Sementara Medan hanya mampu meraih 1 emas, 4 perunggu, diikuti Deliserdang 1 perak, 2 perunggu, Asahan 2 perunggu, dan Gunungsitoli 1 perunggu.

Sebelumnya, Ketua PB Porprov Sumut 2019, Sakiruddin mengatakan, secara umum hingga hari kelima pelaksana Porprov tahun ini berjalan lancar seperti di tenis meja, pemerataan kekuatan tiap daerah sudah mulai terlihat.

Sakiruddin yang juga wakil ketua II KONI Sumut ini berharap cabor lain juga bisa menghasilkan pemerataan prestasi.

"Kita inginkan di Porprov tahun ini ada persaingan sengit antar daerah untuk merebut medali. Dengan begitu, kita bisa melihat potensi baru yang nantinya akan berjuang membela Sumut pada even nasional seperti Pra PON tahun ini,"  katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019