Koramil 12/BK, Kodim 0204/DS mengadakan pelatihan tanggap bencana banjir di kawasan Sungai Baru Kecamatan Bandar Khalipah, Kabupaten Serdang Bedagai untuk meningkatkan SDM di bidang penanggulangan bencana dan kesiapsiagaan masyarakat baik pra maupun pasca bencana.

Babinsa Serda Henri Gunawan di Serdang Bedagai, Kamis (13/6) mengatakan pelatihan tersebut merupakan suatu pendekatan yang dilakukan TNI, agar masyarakat di suatu wilayah atau kawasan yang memiliki suatu resiko bencana, selalu memiliki kesiapsiagaan dan mitigasi terhadap terhadap resiko bencana.

“Pelatihan ini bertujuan melatih masyarakat agar memahami segala tindakan yang dilakukan apabila terjadi bencana alam sehingga apabila benar-benar terjadi bencana dapat meminimalisasi kerugian nyawa maupun materiil,” tegasnya.

Melalui latihan penanggulangan bencana alam seperti ini dapat dijadikan wadah menjalin persaudaraan yang lebih erat dengan komponen masyarakat.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih kesiapsiagaan aparat dan masyarakat, meningkatkan kerja sama dan keterpaduan antar unsur dalam penanganan dan penanggulangan bencana alam yang kejadiannya tidak dapat diduga dan dampaknya tidak dapat diperhitungkan,” tambahnya.

Pewarta: Septianda Perdana

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019