Pemerintah Kota Sibolga melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Sibolga, menyelenggarakan Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) Kota Sibolga Tahun 2019, di Pantai Ujung Sibolga, Selasa (30/4/).

Pemilihan Duta Genre tahun 2019 ini mengangkat tema ‘Tunda Usia Pernikahan, Hindari Sex Pranikah, Jauhi Napza dan Raihlah Prestasimu’.

Kepala Dinas (Kadis) PPKB Kota Sibolga Dr. Hotma Hutagalung, M.Kes, dalam laporannya menyampaikan, bahwa permasalahan tingginya angka perkawinan usia muda mencapai  27,6% di Indonesia saat ini. Ini merupakan isu penting yang perlu mendapat perhatian bersama.

Disamping itu, remaja yang merupakan potensi bagi pembangunan, rentan terhadap perilaku seks pranikah, penyalahgunaan narkoba, dan penyakit menular HIV/Aids.

"Dinas PPKB sebagai instansi pemerintah, merespon permalasahan remaja melalui Program Genre. Program ini dilaksanakan melalui dua pendekatan, yaitu pendekatan kepada orang tua melalui kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR), dan pendekatan pengembangan Kelompok Remaja," kata PPKB.

Wali Kota Sibolga dalam sambutannya menyampaikan, sangat mengapresiasi kegiatan tersebut karena para pesertanya merupakan generasi penerus bangsa yang perlu dibekali serius.

“Saya berharap dengan adanya Pemilihan Duta Genre Kota Sibolga, para duta ini mampu menjadi motivator dan patron di tengah masyarakat ramai serta lingkungannya,” harapnya.

Ia juga mengimbau kepada para dewan juri agar memberikan penilaian yang benar dan adil, sehingga peserta yang terpilih nantinya mampu menjadi Duta Genre yang bermanfaat bagi Kota Sibolga dan mengharumkan nama Kota Sibolga untuk Perlombaan Duta Genre tingkat Provinsi dan Nasional.

 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019