Sebanyak tiga Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kota Tanjungbalai mendapat akreditas Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dari Komisi Akreditasi Kementerian Kesehatan RI.

Sertifikat FKTP itu diserahkan Wali Kota Tanjungbalai, Huhammad Syahrial, pada saat apel gabungan Aparatur Sipil Negara jajaran pemerintah Kota Tanjungbalai, di halaman Balai Kota, Senin (1/4/).

Dalam kesempatan itu, Wali Kota mengatakan, Puskesmas adalah organisasi fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata, dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat.

Kami (Pemkot) mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para Kepala Puskesmas yang telah meraih sertifikat akreditasi dari Kemenkes, hal ini merupakan syarat krudensial sebagai FKTP.

Tujuan akreditas adalah sarana pembinaan peningkatan mutu, kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan sistem manajemen yang mencakup tata kelola manajemen mutu,  serta sistem penyelenggaraan pelayanan dan program serta penerapan manajemen resiko. 

"Dengan akreditasi Puskesmas ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi kinerja, disiplin serta pelayanan kesehatan masyarakat secara konperhensif untuk mewujudkan visi misi Kota Tanjungbalai dibidang Kesehatan," Ujar H.Muhammad Syahrial. 

Sesuai catatan, Puskesmas yang menerima sertifikat akreditasi FKTP yakni, Puskesmas Datuk Bandar (Dasar), Puskesmas Simula Jadi (Dasar) dan Puskesmas Kampung Batu (Madya).

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019