Direktur Sarana dan Logistik Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Sihar Hadjopan Pohan tinjau pasar baru Panyabungan pasca terbakar pada bulan Juni 2018 yang lalu.

"Peninjauan kondisi pasar seharusnya dijadwalkan ditinjau langsung oleh bapak Menteri Perdagangan, Drs. Enggartiasto Lukita. Namun akibat kondisi cuaca yang buruk kehadiran menteri terpaksa dibatalkan dan akhirnya peninjauan diwakilkan kepada Direktur Sarana dan Logistik," kata Bupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution, Rabu (27/3).

Bupati menyebutkan, pasar baru Panyabungan yang dibangun pada tahun 2002 ini merupakan satu-satunya tempat transaksi masyarakat untuk meladeni 23 kecamatan yang ada di Madina.

"Namun, akibat terbakar pada bulan Juni 2018 yang lalu pasar ini sekarang sudah membuat susah pedagang dan pembeli," ujarnya.

Bila nanti pasar ini dibangun oleh Kementerian Pemda Madina juga saat ini telah menyiapkan tempat relokasi bagi para pedagang yang terkena dampak kebakaran itu.

Limah salah satu yang mewakili para pedagang memohon agar pasar tersebut  secepatnya dibangun dengan semestinya sehingga para pedagang yang berjumlah 1400 orang itu nantinya dapat merasa aman dan tenang untuk berjualan dipasar itu.

"Dikeresahan ini kami meminta kepada Kementerian Perdagangan dan Pemkab untuk membangun pasar ini secepatnya," harapnya.

Sementara itu, Direktur Sarana dan Logistik Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Sihar Hadjopan Pohan menyampaikan, administrasi untuk pembangunan pasar ini sudah  proses oleh Kementerian dan bentuk bangunannya nanti sesuai dengan standard pasar rakyat.

"Kedepan pasar ini akan dibangun sesuai dengan standard, ada pemadam kebakaran, ramah lingkungan, dan bangunannya kita upayakan juga tahan gempa," sebutnya.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019