Pemerintah Kota Binjai, menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-50 dengan mengangkat tema "Mari kita wujudkan kota yang cerdas dan beriman", bertempat di arena MTQ Jalan Bejomuna Kelurahan Timbang Langkat Kecamatan Binjai Timur, Rabu. 

Wakil Wali kota Binjai Timbas Tarigan mengatakan nilai-nilai ajaran Islam seutuhnya terkandung dalam Alquran dan hadis.

Banyak hal yang diajarkan dalam Alquran termasuk aqidah, ibadah dan muamalah, akhlak, hukum, sejarah dan bahkan ilmu pengetahuan, serta hal lainnya yang mengatur dari hal terkecil sampai yang besar.  

"Kesemuanya hanya untuk memperoleh keridhaan Allah," katanya. 

"Pelaksanaan MTQ ini bukan sekedar kegiatan seremonial belaka, namun jauh lebih besar harapan kita, yakni bagaimana membumikan ajaran yang terkandung di dalam Alquran menumbukhan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari," sambungnya. 

"Mari kita jadikan Alquran sebagai pedoman hidup dan petunjuk bagi umat manusia untuk mendapatkan keselamatan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat," ujarnya. 

Disampaikannya upaya yang telah dilakukan sebagai upaya memajukan Sumber Daya Manusia (SDM) dan akhlak, khususnya generasi muda Islam Kota Binjai dalam konsep pembangunan Binjai kota cerdas yakni, gerakan magrib mengaji yang sudah lama kita canangkan. 

Pelatihan guna peningkatan kapasitas guru-guru mengaji tradisional, guru-guru MDA, dan guru Tahfiz Alquran, pelatihan cara cepat membaca Alquran jepada generasi muda, termasuk pelaksanaan MTQ berjenjang yang dilaksanakan setiap tahunnya. 

"Tema pelaksanaan MTQ tahun ini diharapkan akan melahirkan kekuatan tersendiri dalam membangun kontribusi dan semangat umat Islam untuk pencapaian visi misi Kota Binjai menuju kota cerdas dan berdaya saing," katanya.

Maka manfaatkanlah pelaksanaan MTQ ini sebagai lokomotif untuk mencerdaskan umat  sekaligus sebagai benteng mengantisipasi, menjawab dan menyikapi berbagai dinamika, serta permasalahan sosial yang. 

Ketua panitia Abdul Rahman menjelaskan tujuan dari pelaksanaan MTQ adalah untuk meningkatkan minat baca Alquran, pemahaman Alquran dan persiapan mengikuti MTQ tingkat nasional mendatang.

Kakan Kemenag mengatakan, bagi pemenang MTQ ke-50 Kota Binjai, telah disediakan hadiah berangkat umrah yang diberikan oleh Wali kota Binjai Muhammad Idaham, Bank Sumut dan dari rumah sakit swasta kepada beberapa orang pemenang. 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019