KPU dan Bawaslu daerah memberikan bimbingan teknis (Bimtek) kepada panitia pemilih dan panitia pengawas di delapan kecamatan se Kota Pematangsiantar pada 15-17 Maret 2019.

Bimtek terpadu tentang pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi suara Pemilu serentak tahun 2019 dibuka Ketua KPU Pematangsiantar, Daniel Dolok Sibarani, Jumat (15/3), di Sapadia Hotel, Pematangsiantar.

Kegiatan diawali kata-kata motivasi dari para komisioner, Daniel Dolok Sibarani, Nurbaiyah Siregar, Gina Ginting, Christian Panjaitan dari KPU, Sepriandison Saragih, M Syafi'i Siregar dan Junita Lila Sinaga (Bawaslu).

Daniel mengatakan, bimtek terpadu PPK dan Panwascam yang untuk pertama kali digelar menjadi sejarah baru di kota tersebut.

Pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi merupakan tahapan penting pada proses pelaksanaan pemiluhan dan rawan untuk disengketakan.

Untuk itu, dia mengajak para peserta untuk serius dan konsentrasi saat menerima pembekalan pengetahuan dari para narasumber.

Ketua Bawaslu Pematangsiantar, Sepriandison Saragih mengatakan, kegiatan itu menjadi titik awal dua lembaga penyelenggara pemilihan membangun soliditas dalam mensukseskan pemilu.

Dia menguraikan tiga indikasi sukses pemilu, partisipasi masyarakat maningkat, pelanggaran minim dan terjaganya kondusifitas daerah.

"Mari kita jaga kota yang dikenal tolerans ini, tetap kondusif," ajaknya.
 

Pewarta: Waristo

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019