Wali Kota Tanjungbalai, H.Muammad Syahrial meresmikan pengoperasian gedung baru Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Kampung Baru, berlokasi di Jalan Khairil Anwar, Kecamatan Tanjungbalai Utara, Selasa (12/3).

Peresmian gedung tersebut diawali pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Tanjungbalai, disaksikan sejumlah kepala OPD dijajaran Pemkot setempat.

Wali Kota mengungkapkan, pembangunan gedung puskesmas itu merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang. 

Diharapkan dengan beroperasinya Puskesmas Kampung Baru ini bisa menjadi tambahan semangat bagi masyarakat Kota Tanjungbalai, khususnya di wilayah Kelurahan Kualo Silo Bestari untuk lebih menumbuhkembangkan pola hidup sehat.

“Walaupun sudah ada Puskesmas bukan berarti jadi boleh sakit, tapi harus bisa lebih meningkatkan pola hidup bersih. Puskesmas harus bisa memberikan pengaruh positif bagi masyarakat sekitar untuk semakin menjalankan pola hidup sehat,” ujar H.Muhammad Syahrial.

Wali Kota juga mengingatkan kembali salah satu program unggulan dan prioritas Pemkot Tanjungbalai yang menjadi komitmen bersama, yakni mewujudkan Tanjungbalai sebagai Kota sehat dan sejahtera.

Guna mendukung program khususnya dibidang kesehatan diantaranya dengan peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan kesehatan. 

"Untuk memaksimalkan pelayanan publik bidang kesehatan, kedepannya kita ingin ada Puskesmas rawat inap 24 jam di enam kecamatan se Kota Tanjungbalai,” kata Wali Kota.

Kabid pencegahan dan pengedalian penyakit pada Dinkes Tanjungbalai, dr.Andrew Gunanto Sitorus, menjelaskan, gedung baru Puskesmas Kampung Persatuan ini berlantai dua.

Lantai 1 terdiri dari ruang pemeriksaan umum, ruang kesehatan gigi dan mulut, ruang jesehatan anak dan imunisasi, serta ruang farmasi dan ruang pendaftaran. Pada lantai dua,  terdapat ruang kantor, ruang administrasi, laboratorium, serta ruang konseling dan aula rapat.

Pewarta: Yan Aswika

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019