Gunungsitoli, Sumut, 9/2 (Antara)-Kepala Bidang Pelayanan Rumah Sakit Umum Gunungsitoli Dr. Hotman Purba terpilih sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) terbaik dan berprestasi di Kabupaten Nias, Sumatera Utara. 

"Secara individu saya sangat senang dan bangga, tetapi disatu sisi penghargaan ini menjadi beban moral bagi saya ke depan, karena saya harus bisa mempertahankan atau bisa lebih baik kedepan," kata Dr. Hotman Purba, di Gunungsitoli, Sabtu.

Dr. Hotman Purba yang ditemui di RSU Gunungsitoli mengatakan, selama ini dia tidak menargetkan atau ada tujuan setiap melaksanakan pekerjaan rutinnya sebagai asn. 

Dia selalu melaksanakan tugas rutin atau pekerjaan tambahan yang diberikan pimpinan sesuai aturan dan peraturan yang berlaku.

"Memang saya tahu ada penilaian asn terbaik dan berprestasi, tetapi saya tidak ada tujuan untuk bisa mendapatkannya selama bekerja, " ujarnya. 

Dalam melaksanakan pekerjaan prinsipnya sederhana yaitu bekerja sesuai aturan dan peraturan, punya integritas dan loyalitas kepada pimpinan serta tidak ada motivasi untuk mengejar jabatan atau uang. 

"Saya akan berbuat lebih baik ke depan, sebab akan ada perasaan malu secara pribadi dan keluarga apabila kelak saya tidak bisa berkinerja dengan baik, dan predikat asn terbaik akan menjadi beban moral bagi saya, " ungkapnya. 

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Kabupaten Nias dan tim seleksi yang telah memberikan kepercayaan kepada dia sebagai ASN terbaik di Kabupaten Nias tahun 2018.

Sebelumnya pada penyerahan reward di lapangan Merdeka,  Kota Gunungsitoli, Bupati Nias mengatakan pemberian penghargaan dan reward merupakan bentuk apresiasi kepada ASN atas hal hal terbaik yang telah dilakukan dengan memperhatikan berbagai indikator penilaian. 

Indikator penilaian asn terbaik adalah kedisiplinan, kinerja,  produktivitas kerja,  kreativitas dan inovatif, siergitas loyalitas, kompetensi, pengembangan diri dan keteladanan. 

Berbagai indikator tersebut menurut dia tidak mudah untuk mendapatkannya, maka penghargaan yang diterima harus bisa dijadikan motivasi untuk berkarya lebih baik ke depan sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku. 

"Penghargaan tersebut merupakan sebuah tanggungjawab, karena orang lain dan masyarakat akan menilai lebih lanjut  bagaimana implementasi atau bukti dari prestasi dan kinerja asn penerima penghargaan dilingkungan kerja maupun dalam kehidupan masyarakat," tegasnya. 

Selain Dr.Hotman Purba, ASN lain yang menerima penghargaan adalah Vikar Damai Setia Gea yang bertugas di Dinas Perhubungan, Rini Kurniawati Ndruru yang bertugas di UPT Puskesmas Bawalato, Agusmar Zalukhu yang bertugas di Bagian Hukum sekretariat daerah Kabupaten Nias.

Elman Perwira P Nazara yang bertugas sebagai sekretaris kecamatan Hiliduho, Honoratus Selamat Dawolo yang bertugas di Badan Kepegawaian Daerah dan Albert Charisty Laoli yang bertugas di badan pengelolaan keuangan dan aset daerah Kabupaten Nias.

Pewarta: Irwanto

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019