Gunungsitoli (Antaranews Sumut) - Gempa tektonik berkekuatan 4,7 skala richter yang melanda wilayah Kabupaten Singkil, Aceh, Sabtu (26/10 malam) sekitar pukul 23.36 WIB terasa hingga Kota Gunungsitoli, Pulau Nias, Sumatera Utara.
     
"Saya merasakan tempat tidur saya goyang, tetapi saya ragu apakah gempa atau tidak dan terus melanjutkan tidur," ucap Sarah salah satu warga Gunungsitoli, Minggu.
     
Sejumlah warga Kota Gunungsitoli lainnya juga mengaku sempat merasakan gempa, tetapi tidak panik karena gempa tersebut hanya terjadi sebentar.
     
Dari Kepala BMKG Gunungsitoli Djati Kuncoro, diketahui gempa yang sempat dirasakan warga Kota Gunungsitoli berlokasi di laut pada jarak 35 kilometer barat daya Kabupaten Singkil, Provinsi Aceh pada kedalaman 10 kilometer.
     
Gempa bumi tektonik berkekuatan 4,7 SR terjadi sekitar pukul 23.36 WIB di wilayah Kabupaten Singkil, Provinsi Aceh.
     
Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi di Kabupaten Singkil, merupakan jenis gempa bumi tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang terjadi akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia terhadap lempeng Eurasia.      
     
"Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Singkil dan Gunung Sitoli II-III MMI dan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami," jelasanya.
   
Dia juga memberitahu, dari hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).
     
Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pewarta: Irwanto

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019