Aekkanopan (Antaranews Sumut) - KPU Labuhanbatu Utara menetapkan 55 orang calon Relawan Demokrasi (Relasi) lulus administrasi. Penetapan dilakukan melalui rapat pleno yang dipimpin Ketua KPU Labura Heriamsyah Simanjuntak SHI, Kamis malam.

"Sebanyak 55 pendaftar relasi dinyatakan lulus seleksi administrasi melalui rapat pleno KPU yang diselenggarakan semalam," katanya saat ditanya tentang hasil rapat yang dilakukan para komisioner, Jumat.

Dikatakannya, terdapat 119 orang yang mendaftarkan diri sebagai Relasi hingga waktu pendaftaran berakhi 16 Januari lalu. Dari jumlah itu kaum perempuan yang mendaftar sebanyak 53 orang dan laki-laki ada 66 orang.

"Sejak mulai pendaftaran hingga berakhir, ada 119 orang yang mendaftar. Mereka pun mendaftar setelah hari ketiga hingga kelima," terangnya terkait proses pendaftaran Relasi tersebut.

Lebih lanjut disebutkannya, ke-55 Relasi yang lulus administrasi itu terbagi dalam 11 basis. "Masing-masing basis terdapat lima Relasi," sebutnya seraya menambahkan tidak disyaratkan batasan umur, kecuali untuk pemilih pemula yaitu antara usia 17-25 tahun.

Ke-11 basis itu adalah basis keluarga, basis pemilih pemula, basis pemilih muda, basis pemilih perempuan, basis penyandang disabilitas, basis pemilih berkebutuhan khusus, basis kaum marjinal, basis komunitas, basis keagamaan, basis warga internet dan basis relawan demokrasi.

Pewarta: Sukardi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019