Kotapinang (Antaranews Sumut) - Gubernur Edy Rahmayadi menyerahkan penghargaan Tunggul Kecamatan Terbaik kepada enam camat di Sumatera Utara dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

Penghargaan yang diserahkan di halaman Kantor Bupati Labuhanbatu Selatan (Labusel), Kamis (10/1) itu di saksikan Bupati Labusel Wildan Aswan Tanjung, Anggota DPD RI Parlindungan Purba, Anggota DPR RI Gus Irawan Pasaribu, Anggota DPRD Sumut Muchrid Nasution, Ketua DPRD Labusel Jabaluddin Dasopang, Muspida Labusel, OPD Pemprovsu dan camat se-Provinsi Sumatera Utara.

Enam kecamatan yang mendapat penghargaan yakni Kecamatan Torgamba di Kabupaten Labusel, Beringin di Kabupaten Deliserdang, Arse di Kabupaten Tapanuli Selatan, Sawo di Kabupaten Nias Utara, Parmaksian di Kabupaten Toba Samosir dan Kecamatan Teluk Mengkudu di Kabupaten Serdang Bedagai.

Gubernur Edy Rahmayadi menyampaikan, penghargaan itu diberikan dalam rangka mendorong kinerja para camat melakukan terobosan dan inovasi untuk kesejahteraan masyarakat. 

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara terus melakukan penilaian dan pembinaan terhadap kecamatan untuk bersinergi dalam meningkatkan kinerja dan evaluasi kinerja camat yang telah diamanatkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 17 tahun 2018.

Dalam melaksanakan pelimpahan sebagaian kewenangan bupati/walikota yaitu untuk melaksanakan sebagian urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah kabupaten/kota dan untuk melaksanakan tugas pembantuan, Gubsu mengharapkan para camat terus berkoordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan. 

"Teruslah berkoordinasi dengan Danramil, Kapolsek serta tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat, agar pelaksanakan tugas dan wewenang camat terselenggara dengan hasil yang maksimal," katanya.

Pihaknya berharap camat memiliki sikap reaktif dan responsif terhadap suatu yang berkembang di wilayahnya. "Camat membawa percepatan pembangunan di wilayahnya, dengan demikian kepercayaan masyarakat kepada pemerintah daerah akan semakin meningkat," ujar Edy Rahmayadi.

Bupati Labusel, Wildan Aswan Tanjung dalam kesempatan itu mengharapkan para camat terus meningkatkan kinerjanya. 

Menurutnya, dengan meingkatkan pelayanan publik keberadaan para camat akan sangat dirasakan masyarakatnya. "Tidak hanya puas dengan mendapat penghargaan, ke depan harus lebih ditingkatkan dan keberadaan para camat di rasakan masyarakatnya," ujarnya.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019