Batubara (Antaranews Sumut)  - Bupati Batubara H RM Hary Nugroho mengatakan bahwa Pendidikan adalah merupakan salah satu program prioritas yang tertuang dalam visi dan misi pemerintahannya. 

Oleh karenanya seluruh stakeholders yang berkaitan dengan dunia pendidikan harus merumuskan grand design dan road map pendidikan, sehingga daerah memiliki landasan berpijak untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing. 

Di sisi lain yang tak kalah penting bagaimana mengubah pola fikir masyarakat bahwa sekolah itu orientasi dan tujuannya tidak hanya untuk mencari pejerjaan, tapi bagaimana melalui sekolah dan pendidikan itu dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi orang lain.

"Kita harus mampu menciptakan lulusan yang memiliki keahlian yang siap terjun ke dunia, kerja untuk itu salah satu solusinya adalah dengan memperbanyak pendidikan yang berbasis keahlian," ujarnya di Lima Puluh, Sabtu (15/12).

Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah juga diharapkan terus dapat bekerja maksimal dan berperan aktif menunjang pendidikan. 

Komite Sekolah merupakan organisasi mitra sekolah, oleh karenanya komite sekolah harus dapat benar-benar mewadahi dan menyalurkan aspirasi serta prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di sekolah. 

"Komite sekolah dapat meningkatkan pengetahuan dan keberadaannya di sekolah-sekolah sehingga mereka dapat menjalankan perannya di lapangan sesuai dengan tugas dan fungsinya," tuturnya.

Pewarta: Suhaimi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018