Medan (Antaranews Sumut) - Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan diharapkan agar terus meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam berbagai kegiatan seperti pameran pembelajaran.

"Kita mengapresiasi kegiatan pameran pembangunan yang dilaksanakan oleh Fakultas Ilmu Sosial (FIS) ini," kata Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof Dr Syawal Gultom, MPd dalam sambutannya pada pembukaan Pameran Produk Pembelajaran Unimed, Jumat (30/11).

Perkuliahan di Unimed, menurut dia, harus berorientasi pada proses hasil produk. Kurikulum KKNI yang sudah diterapkan sejak 2016 kini dinilai sudah menuai hasil.

"Saya sangat bangga pada mahasiswa FIS yang terus berinovasi dan berkreasi," ujar Syawal.

Ia mengatakan, peran pendidikan adalah meningkatkan kompetensi skill, memperbaiki karakter, menciptakan peradaban dan meningkatkan kesejahteraan.

Ada dua kelompok manusia istimewa, yaitu orang yang bisa menghasilkan jasa dan memberikan layanan. "Itu lah orang-orang yanga bisa 'survive' dimana pun dia berada dan bisa menghadapi perkembangan zaman," ucap Rektor Unimed.

Dekan FIS Unimed, Dra Nurmala Berutu, MPd dalam laporannya mengatakan pameran ini pertama kali digelar dan merupakan komitmen seluruh civitas FIS atas nilai keilmuan dan pendidikan.

"Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan bisa meningkatkan kemampuan, serta pengalaman," ujar Nurmala.

Pameran mengangkat tema "Kreativitas Membangun Negeri", menampilkan berabagai produk pembelajaran KKNI dari Pendidikan Geografi, Pendidikan Antropologi, Pendidikan Kewarganegaraan dan Pendidikan Sejarah.

Dalam pameran tersebut ditampilkan peta, maket permukaan bumi, maket sistem tata surya, etnophotography, replika manusia purba dan candi, anek patung kayu, koleksi uang kuno, hasil temuan di situs kota China, jajanan tradisional, infografik profil tokoh, games edukasi menggunakan ular tangga, dan media pembelajaran lainnya.

Selain pameran pembelajaran, kegiatan tersebut juga diisi dengan workshop tanggap bencana, tari-tarian daerah, dan aneka hiburan lainnya. Semua kegiatan melibatkan mahasiswa FIS Unimed.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018