Langkat (Antaranews Sumut) - Bupati Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Ngogesa Sitepu, membuka Gala Desa dan Turnamen sepak bola piala Bupati Langkat tahun 2018, bertempat di lapangan bola Alun-Alun Tengku Amir Hamzah, Stabat, Rabu.
     
Sementara itu Perwakilan Kemenpora RI Edi Nurinda Susila selaku Kepala Pusat Pengembangan Ilmu Teknologi Kesehatan Olahraga Kemenpora, mengatakan Gala Desa ini adalah program pemerintah pusat, bertujuan untuk menciptakan kebugaran dan kesehatan serta meningkatkan minat dan bakat generasi muda dan seluruh masyarakat Langkat untuk selalu berolahraga dalam kesehariannya.
     
Selain itu, kegitan ini juga sekaligus dari rangkain kegiatan memperingati hari Pahlawan 10 November mendatang.

Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Langkat atas sambutan kehadirannya yang untuk pertama kalinya dibumi bertuah, serta kesuksesannya dalam menyelenggarakan Gala Desa ini, dengan sangat meriah dan semarak.

Bupati Ngogesa mengatakan, bagi Pemkab Langkat sendiri, tujuan kegiatan ini selain menjadikan olahraga gaya hidup, sekaligus untuk menemukan bibit pontesial atlit berbakat dari Desa.

Hal ini sebagai upaya keseriusan Pemkab Langkat untuk kembali melahirkan atlet, yang nantinya akan mengharumkan nama daerah, serta maningkatkan marwah Indonesia, baik di event olahraga tingkat Nasional dan Internasional, katanya.

Sebab, mungkin saja selama ini, banyak anak bangsa yang berada jauh didaerah terpencil, namun memiliki bakat kemampuan dan keterampilan berolahraga yang baik, namun belum terpantau dan terekspos oleh pemamdu bakat.

Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada Kemenpora RI yang telah memberikan kepercayaan kepada Pemkab Langkat, dimana sebelumnya telah melaksanakan Sepeda Nusantara tahun 2018 dan kembali dipercayakan untuk menyenggarakan Gala Desa untuk kedua kalinya, secara berturut-turut.

"Ini merupakan kehormatan  yang sangan berarti bagi kami masyarakat Langkat, dan kami menilai hal ini sebagai bukti dari perhatian pemerintah pusat khusunya Kemenpora RI, terhadap perkembangan olahraga Langkat, yang begitu luar biasa," ungkapnya.

Untuk itu kepada Kepala SKPD terkait, unsur panitia, KONI Kabupaten Langkat dan seluruh peserta untuk bersama menjaga kepercayaan ini dengan sebaik-baiknya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Manna Wasalwa Lubis menyampaikan Gala Desa ini adalah program Kemenpora RI yang dalam pelaksanaannya dipercayakan Pemkab melalui Dispora Langkat.

Pelaksanaan Gala Desa ini disatukan dengan turnamen sepak bola piala Bupati Langkat ke 17 tahun 2018, yang dimulai  7-22 November 2018, dipusatkan di lapangan Tengku Amir Hamzah Stabat.

Gala Desa ini diikuti oleh 2.210 orang terdiri dari atlet, pelatih dan official, yang berasal dari perwakilan 23 kecamatan dan 277 desa, kelurahan, mempertandingkan sepak bola ini diikuti oleh pelajar tingkat SD, untuk Gala Desa melaksanakan empat cabang olahraga bola Voli, sepak takraw, atletik.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018