Padangsidimpuan (Antaranews Sumut) - Tambang Emas terbesar di Sumatera Utara yang berkontribusi nyata dalam pembangunan di Sumatera Utara khususnya di Kabupaten Tapanuli Selatan telah nyata memberikan sumbangsi dalam membangun Provinsi Sumatera Utara dari sektor pertanian, wirausaha, pelatihan peningkatan kompetensi wartawan, operasi katarak, pendidikan, kesehatan serta lainnya.

Presiden Direktur PT Agincourt Resources, Tim Duffy mengatakan Tambang Emas Martabe yang terletak di Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, sudah memberikan kontribusi nyata dalam keberlangsungan peningkatan pembangunan di Provinsi Sumatera Utara, katanya Rabu (31/10).

Segala program yang nyata dari Tambang Emas Martabe Batangtoru telah membuktikan pembangunan di Sumatera Utara khususnya di Tapanuli Selatan dan beberapa daerah lainnya.

Dalam pembangunan Sumatera Utara Tambang Emas Martabe telah berkontribusi seperti menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang bekerja sama dengan Dewan Pers dalam menciptakan wartawan yang kompeten yang bertugas di Sumatera Utara.

Kemudian Operasi Katarak yang sudah terlaksana pada tahun ke tujuh yang bekerjasama dengan pemerintah dan TNI serta stake holder lainnya, dalam kegiatan operasi katarak tahun ke tujuh Tambang Emas Martabe telah menggelontorkan 
untuk mendanai seluruh rangkaian kegiatan lebih dari US$130.000.

PT Agincourt Resources atau sering disebut Tambang Emas Martabe juga konsen di sektor pendidikan melalui seleksi Martabe Prestasi. Bantuan pendidikan Martabe Prestasi terdiri dari tiga jenis yakni penghargaan prestasi akademis, penghargaan khusus nonakademis, dan penghargaan beasiswa prestasi berkelanjutan.

Perlu diketahui juga Tambang Emas Martabe juga membangun Amphitheatre Sopo Daganak di Batangtoru, Sumatera Utara, pembangunan amphitheatre ini merupakan salah satu bentuk perwujudan komitmen Tambang Emas Martabe dalam melaksanakan program CSR perusahaan di bidang pendidikan bagi masyarakat lingkar tambang.“Pembangunan amphitheatre tersebut saat ini menjadi tempat untuk menumbuhkembangkan kreativitas seni, sosial dan budaya masyarakat di sekitar lingkar tambang emas Martabe, Sumatera Utara.

Sementara itu, Sabban Lubis, salah satu perwakilan masyarakat setempat menyatakan sangat berterima kasih kepada PT Agincourrt Resources atas kepeduliannya untuk membangun amphitheatre tersebut. Menurut Sabban, dengan dibangunnya gelanggang ini, ke depan diharapkan bakat serta kreativitas anak-anak di Batangtoru dan Muara Batangtoru bisa tersalurkan. Banyak kemajuan yang sudah terlihat dari anak-anak di Kecamatan Batangtoru dan Muara Batangtoru dengan adanya Taman Baca Anak. “Mereka sekarang lebih berani untuk tampil di atas panggung. Terima kasih kepada PT Agincourt Resources yang telah peduli dalam pembangunan sumber daya.

 
Foto: Presiden Direktur Tambang Emas Martabe Tim Duffy ketika menyapa pasien operasi katarak yang ke tujuh tahun 2018 di Kota Padangsidimpian dalam berkontribusi nyata untuk pembangunan Sumatera Utara. (Antaranews Sumut/Khairul Arief)



Kemudian, pada tahun 2017 Tambang Emas Martabe Bagikan US$6,7 Juta kepada PT ANA sepanjang 2017 Tambang Emas Martabe telah membagikan dividen dengan total US$6,7juta atau Rp90,466 miliar kepada PT Artha Nugraha Agung (PT ANA), sebuah badan usaha milik Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan dan Pemprov Sumatera Utara dengan kepemilikan saham masing-masing 70% Pemkab Tapanuli Selatan dan 30% Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Dari total dividen yang diterima PT ANA pada tahun 2017, sebanyak Rp41,54 miliar khusus untuk program pengembangan masyarakat. Nilai ini sangat besar dan kami menyerahkan sepenuhnya kepada Pemkab Tapsel untuk mengelola dana tersebut. Mulai tahun ini kami berharap dividen yang Tambang Emas Martabe bagikan dapat memberikan manfaat penuh kepada masyarakat, tambah Tim selaku Presiden Direktur Tambang Emas Batang Toru.

Lanjutnya, Tambang Emas Batang Toru hingga September 2017 lalu, ada sekitar 1.580 karyawan lokal yang bekerja di Tambang Emas Martabe. Jumlah ini mewakili 72,01% dari total tenaga kerja di Tambang Emas Martabe yang mencapai lebih dari 2.900 orang, pemberdayaan pekerja lokal sangat penting dalam keterwakilan sebagai pekerja tambang.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018