Medan (Antaranews Sumut) -  Pameran buku, budaya dan teknologi yang digelar Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sumatera Utara  bersama Ikatan Penerbit Indonesia di Medan akan memberikan diskon harga buku hingga 70 persen.

"Potongan harga jual buku di Pameran Buku pada 22 - 27 September dilakukan untuk menarik minat beli dan baca masyarakat,"ujar Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Rosidayati Rozalina di Medan, Kamis.

Didampingi Dewan Pertimbangan IKAPI Pusat, Kuslistyarini dan Wakil Ketua Umum bidang Pameran dan Minat Baca,  Amalia Bakti Safitri, dia menyebutkan, pameran memang bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat yang tercatat masih sangat rendah.

"IKAPI berharap, pameran yang diikuti 115 perusahaan penerbit itu akan menjadi momentum untuk peningkatan minat baca masyarakat di Sumut,"katanya.

Dia mengapresiasi Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Sumatera Utara yang menggelar Pameran Buku.

Apalagi Sumut, kata Rosidayati,  merupakan provinsi  yang mendeklarasikan diri sebagai provinsi literasi .

"Tidak banyak pemerintah provinsi yang serius meningkatkan minat baca masyarakatnya dan IKAPI memberikan apresiasi tinggi dengan bekerja sama menggelar pameran,"katanya.

Bendahara Umum IKAPI Pusat Bien Pasaribu menyebutkan sudah 115 penerbit yang menyatakan ikut dalam pameran itu.

"Banyaknya peminat ikut pameran membuat panitia menyiasati dengan berbagai cara karena stan yang ada hanya 46,"katanya.

Kepala Dinas Arsip dan kebudayaan Sumut, Ferlin Nainggolan menyebutkan, pihaknya sudah bekerja sama dengan sekolah dasar (SMP), SMP, SMA dan perguruan  tinggi untuk meramaikan Pameran Buku itu.

Berbagai acara sepert ilomba mewarnai akan meramaikan pameran itu.

"Pameran buku  merupakan salah satu bentuk komitmen dan konsisten Sumut untuk meningkatkan minat baca di tengah masyarakat dan penetapan Sumut sebagai Provinsi Literasi.***4***
    

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018