Padangsidimpuan (Antaranews Sumut) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Padangsidimpuan menggelar sosialisasi kepada abang-abang becak vespa tentang kepesertaan BPJS dan membayar iuaran setiap waktu. 

Sasaran sosialisasi kita kali ini adalah puluhan tukang beca, pedagang, dan pekerja di seputaran lingkungan Masjid Agung Al-Abror, Kota Padangsidimpuan, untuk mendapatkan informasi dan sosialisasi singkat pembayaran iuran program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dan menjadi anggota kepesertaan BPJS Kesehatan, ucap Pps Kepala Bidang Penagihan dan Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Padangsidimpuan, Prabu Dian Sori, Jum'at. 

Tujuan dari sosialisasi ini merupakan upaya BPJS Kesehatan dalam menggaet para pekerja dari sektor informal agar turut membantu mengingatkan peserta JKN-KIS membayar iuran tepat waktu, sebelum tanggal 10 setiap bulan.

Kami berupaya mengajak saudara-saudara kita yang bekerja dan beraktivitas di pusat keramaian untuk memberikan informasi serta mengingatkan peserta membayar iuran JKN-KIS tepat waktu, Kita juga terangkan kepada mereka, peserta dapat memilih kelas sesuai kemampuan membayar, dari yang paling murah Rp 21.500,00 untuk kelas III dan paling tinggi Rp 80.000,00 untuk kelas I setiap bulan. Dengan menyisihkan kurang dari Rp1.000 perhari, maka sudah cukup untuk membayar iuran peserta JKN-KIS selama satu bulan pada kelas III, kata Prabu.

Tidak hanya itu tukang becak yang tengah mangkal mengunggu sewa juga tidak lepas dari sosialisasi menjadi peserta BPJS Kesehatan, mengingatkan jaminan sosial untuk kesehatan ini sangat penting dalam menjamin kesehatan di rumah sakit sesuai peraturan dan teknis yang berlaku, ucapnya. 

Menurut Prabu, hal ini merupakan inovasi terbaru BPJS Kesehatan agar masyarakat dapat saling mengingatkan untuk taat membayar iuran. Jika peserta disiplin menyisihkan sedikit penghasilannya, maka membayar iuran JKN-KIS bukanlah hal yang berat. Hal ini juga didukung dengan kanal pembayaran iuran program JKN-KIS yang semakin luas. Peserta dapat membayar iuran melalui bank, ATM, minimarket, Kantor POS, atau bahkan menyicil pembayaran iuran melalui program Tabungan Sehat pada bank yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Selain Kota Padangsidimpuan, sosialisasi pembayaran iuran program JKN-KIS juga hadir di empat kabupaten/kota wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Padangsidimpuan, yang meliputi kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten Padang Lawas, dan Kabupaten Padang Lawas Utara.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018