Medan (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara, akan menyembelih 55 ekor lembu pada hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah, Rabu (22/8).

"Hewan kurban itu, akan disembelih di 21 Kecamatan se- Kota Medan," kata Wali Kota Medan H.T Dzulmi Eldin diwakili Kepala Inspektorat, Farid Wajedi ketika memimpin Rapat Persiapan Idul Adha 1439 Hijriyah, di Kantor Wali Kota, Senin.

Selanjutnya, menurut dia, daging kurban tersebut akan disalurkan kepada warga Medan, dan terutama yang berasal dari keluarga kurang mampu.

"Keseluruhan hewan kurban itu, merupakan hasil kurban Wali kota Medan beserta keluarga dan Wakil wali Kota dan keluarga, serta pejabat di lingkungan Pemkot Medan," ujar Farid.

Ia mengatakan, penyembelihan hewan kurban tersebut, akan dilaksanakan usai Shalat Idul Adha.

Hewan kurban tersebut,  akan didistribusikan kepada masing - masing Kecamatan.Dan nantinya pihak Kecamatan yang akan membagikan daging kurban tersebut kepada warga yang berhak menerimanya.

"Wali kota Medan berpesan agar semangat berbagi ini terus kita pelihara dan tingkatkan dalam rangka meningkatkan kepedulian terhadap sesama," katanya.

Ia menjelaskan, untuk Kota Medan berdasarkan data yang diperoleh, sampai dengan Minggu (19/8) total jumlah hewan kurban sebanyak 8.433 ekor dengan perincian 6.399 ekor Sapi/Lembu dan  2.034 ekor kambing.

Jumlah ini kemungkinan akan terus bertambah sampai dengan hari pelaksanaan kurban nantinya.

Untuk Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1439 Hijriyah akan digelar di Lapangan Merdeka Medan, pada pukul 07.00 WIB.Penceramah dalam Shalat Idul Adha adalah Dr.H Zulheddi LC, MA yang merupakan Dosen Universitasn Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara. 

Sedangkan, imam dalam pelaksanaan Shalat Idul Adha, H Muhammad Syafii, yang merupakan Qori Sumatera Utara.

"Pada malam Idul Adha, Selasa (21/8) Pemkot Medan juga akan menggelar kegiatan Takbiran dengan pemukulan bedug, di depan halaman Kantor Wali Kota," kata Farid.***4***

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018