Medan  (Antaranews Sumut) - Personil Polda Sumatera Utara melaksanakan pengamanan peserta kirab Obor Asian Games pada 31 Juli hingga 1 Agustus 2018.

Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan, di Mapolda, Selasa, mengatakan personil yang disiagakan itu, yakni Dit Intelkam, Dit Pamobvit, Jibom Sat Brimob, Dit Sabhara, Di Lantas, dan Dit Polair.

Polda Sumatera Utara (Sumut), menurut dia, menyiagakan personil selama dua hari untuk mengamankan peserta kirab obor Asian Games tersebut.

"Dit Intelkam melakukan kerja sama dan koordinasi dengan satuan wilayah yang dilalui, serta satwil lokasi giat Torch Relay Inasgoc," ujar AKBP Nainggolan.

Ia mengatakan, sedangkan untuk Pam Obvit bersama satwil Polres Deli serdang dan Polres Tapanuli Utara memberikan penebalan terminal Bandara Internasional Kuala Namu, dan keberangkatan di Bandara Silangit.

Selanjutnya, personil jibom melakukan sterilisasi lokasi kedatangan di Kota Parapat dan Balige, serta keberangkatan di Bandara Silangit.

Sat Brimob, juga menyiagakan personil pleton penindak 1 SST dan Tim escape mengikuti rombongan Torch Relay Inasgoc mulai dari kedatangan lokasi kegiatan hingga keberangkatan.

"Dit Sabhara menyiapkan 1 SST personil untuk tugas mengikuti rombongan, Dit Lantas melakukan pengamanan dan pengawalan dari Bandara Internasional Kuala Namu,jalur lalu lintas yang dilalui di wilayah Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Parapat, Toba Samosir hingga Pekanbaru dan Silangit," ucap perwira menengah itu.

Nainggolan menambahkan, Dit Polair melaksanakan pengamanan kapal untuk kegiatan berlayar Torch Relay Inasgoc di Danau Toba.

Rombongan tiba dari Banda Aceh di Bandara Kuala Namu, Selasa (31/7) sekira pukul 17.00 WIB, melanjutkan perjalanan ke Kota Parapat, dan api Asian Games menginap di rumah pengasingan Bung Karno.

Pada Rabu (1/8) sekira pukul 07.00 WIB, api Asian Games akan dibawa berlayar  dengan kapal hias di Danau Toba dan bersepeda menuju pantai bebas Danau toba, serta mengikuti kegiatan yang sudah disiapkan oleh Pemda.

"Kemudian, berlari ke pantai Bulbul Parapat, dan api Asian Games dibawa ke Balige yang selanjutnya kembali ke Bandara Silangit untuk berangkat pukul 12.00 WIB menuju Pekanbaru," kata mantan Kapolres Nias Selatan itu.

Sebelumnya, Karo Ops Polda Sumut Kombes Pol Makmur Ginting mengatakan, untuk pengamanan sebanyak 1.121 personil akan dikerahkan memantau di setiap titik kegiatan Torch Relay.

Jumlah total anggota yang mengamankan, menurut dia, terdiri dari personil Polda Sumut sebanyak 204 personial dan kewilayahan jajaran ada 917 personil.Hal tersebut juga melibatkan TNI.

"Saya berharap seluruh masyarakat dapat mendukung perhelatan kirab obor dengan aman, dan tenteram, sehingga gaung Asian Games berjalan sukses," kata Karo Ops Polda Sumut.***4***




 

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018