Samosir (Antaranews Sumut) - Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Senin, mengadakan pertemuan dengan unsur forum koodinasi pimpinan daerah membahas kemarau yang rawan dengan kebakaran hutan.

Asisten I, Mangihut Sinaga mengatakan, dua titik api skala kecil terlihat di Desa Hasinggaan dan Desa Janjiraja dampak dari cuaca panas dan angin kencang.
 
Dandim 0210 Tapanuli Utara, Letkol Inf Rico Julyanto Siagian mengusulkan agar diambil langkah tegas dan nyata dalam rangka pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lingkungan. 

Pemerintah bersama pemangku kepentingan menetapkan jumlah personel dari masing-masing instansi, peralatan yang tersedia, dan posko pencegahan dan penanganan kebakaran.

Kapolres Samosir, AKBP Agus Darojat meminta semua pihak fokus pada kesiapsiagaan sumber daya manusia, ketersediaan sarana prasarana serta metode cara penanganan sehingga ketika ada kebakaran bisa ditangani sedini mungkin.

Polres Samosir berkesempatan menunjukkan penemuan alat pemadam api pada kebakaran hutan yang meraih peringkat kedua inovasi pemadam api antarpolres di wilayah Polda Sumut.

Bupati Samosir, Rapidin Simbolon mengatakan, menegaskan, pembentukan tim sargas pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan dalam waktu tiga hari.

"Posko penanganan kebakaran kita pusatkan di kawasan Geopark Sigulati," kata rapidin.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan Gubernur Sumatera Utara sebagai pengambil kebijakan mengenai kehutanan untuk kebutuhan dana operasional. ***2***

Pewarta: Waristo

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018