Rantauprapat (Antaranews Sumut) - Kementerian Pertanian intensifkan penanaman Padi, Jagung dan Kedelai atau Pajale wilayah Pantai Timur Sumatera.

Dalam rapat koordinasi percepatan luas tambah tanam (LTT) di Kodim 0209/LB,  menyampaikan, Kementrian Pertanian akan mengoptimalkan penanaman Pajale kepada masyarakat.

Pihaknya berupaya meningkatkan kebutuhan pangan dengan membuka peluang lahan-lahan baru untuk di jadikan tanaman Pajale di daerah.

“Kalau ada lahan yang belum dibuka tolong usulkan kepada kami,” kata Kepala balai besar tanaman pangan Kementerian Pertanian, Jamil Harahap.

Pihaknya mengimbau aparat pemerintah dan masyarakat bersinergi meningkatkan kebutuhan pangan serta optimasi alat pertanian.

Dalam waktu dekat Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman dan Dirjen Pertanian akan berkunjung ke Makorem 022/PT di Pematangsiantar, Kabupaten Simalungun terkait rapat koordinasi dan evaluasi tentang LTT 2018.

“Upayakan semua Dinas Pertanian supaya ada tanam dan panen, selama masyarakat masih butuh bantuan pemerintah,” kata Jamil.

Ia mencontohkan, Padi Gogo bukan berarti berada di daerah kering dan Padi Gogo tidak harus lokal. Menurutnya di butuhkan ketelitian dalam meningkatkan kebutuhan pangan di setiap daerah.

“Tolong kepada Dandim 0209/LB dengan Dan Ramil Jajarannya membantu mengawasi dinas pertanian dan selalu koordinasi dalam evaluasi LTT lahan pertanian,” ujarnya.

Dandim 0209/LB Letkol Czi Denden Sumarlin mengatakan TNI siap mendukung ketahanan pangan melalui program LTT di daerah.

Pihaknya senantiasa menjaga percepatan ketahanan pangan masyarakat untuk Indonesia yang lebih baik.
 

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018