Langkat, (Antaranews Sumut) - Satuan tugas pangan Kabupatenn Langkat, Sumatera Utara, dalam rapat kordinasinya menyampaikan untuk kebutuhan sembilan pokok selama ramadan 1439 Hijriah mendatang masih dalam keadaan aman.

Hal itu disampaikan Pimpinan Satgas yang juga Kepala Kapolisian Resor Langkat AKBP Dede Rojudin, di Stabat, Rabu, usai memimpin rapat di Mapolres Langkat.

Rapat kordinasi Satgas Pangan ini sesuai telegram Dirreskrimsus Nomor: ST/390/III/208, dalam rangka evaluasi ketersediaan kebutuhann pokok dan bahan penting lainnya menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional Ramadan dan Idul Fitri 1439 Hijriah.

Dede Rojudin mejelaskan ketersediaan kebutuhan pokok seperti beras, ikan, cabai, daging sapi, daging ayam, bahan pentingnya lainnya dalam keadaan aman dan stabil, malah cenderug menurun.

Sementara untuk kebutuhan beras sekarang ini stok terdapat 4.506 ton, daging sapi 193 ton, daging ayam 3.500.000 ekor, katanya.

"Untuk priode 2015, 2016, 2017, sampai dengan saat ini Langkat merupakann daerah yang surplus baik ditinjau dari hasil pertanian, peternakan, perkebuan," katanya.

Menyangkut operasi pasar khususbelum dilaksanakann karena harga kebutuhan pokok di daerah ini relatif stabil. Namun apabila ditemukan penyimpangann atau permainan spekulan terkait kebutuhan pokok tim Satgas Gakkum Pangan akan melakukan penindakan tegas, ungkapnya.

Dalam rapat tersebut selai melibatkan instansi terkait seperti Dinas Pertabia dan Ketahanan Pangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Bagian Perekonomian, juga melibatkan distributor beras, kilang padi, mini market.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018