Padangsidimpuan (Antaranews Sumut) - Calon Wali Kota Padangsidimpuan Muhammad Isnandar Nasution (Isnandar) melakukan ziarah kubur ke makam Syeh Ismail Lubis di Desa Huta Bargot, Kabupaten Mandailing Natal.

Dalam kegiatan tersebut Calon Wali Kota Padangsidimpuan pada Pilkada serentak 2018 nomor urut satu 1 ini Isnandar di temani sejumlah awak media.

Isnandar yang di kenal religius tersebut di Padangsidimpuan, Kamis, mengatakan ziarah kubur tersebut kerap ia laksanakan untuk mengenang jasa guru tasawufnya semasa hidup.

"Jasa guru tidak boleh di lupakan begitu saja walau sudah tiada. Wajar kita memanjatkan doa kepada almarhum syeh yang telah berkontribusi  banyak memberikan ilmu agama sebagai tuntunan hidup kepada kita," ujarnya.

Di lokasi makam syeh tersebut pria yang pernah menjabat dua periode di DPRD Kota Padangsidimpuan tersebut membacakan surah yasin.

Suami Mestika Sari Harahap mengisahkan singkat awal perkenalannya Tahun 1990 dengan  (alm) Syeh Ismail Lubis guru tasawuf terkenal di Madina yang wafat pada Tahun 1998 silam.

"Dulu syeh Ismail Lubis sering ke toko buku Pustaka Rahmat milik orang tua saya membeli buku sekaligus memoto copy buku-buku tentang agama islam,"kenangnya.
 
Setelah menawarkan diri kepada syeh dari situ Isnandar tertarik dan rajin seminggu tiga kali ke kediaman menjumpai Syeh Ismail Lubis  untuk belajar dalam ilmu tasawuf.

"Biasanya berangkat dari Padangsidimpuan menuju rumah Syeh Ismail Lubis di Madina pada malam hari usai tutup toko dengan mengendarai sepeda motor roda dua demi ilmu agama,"terangnya.

Tak jarang delapan 8 tahun pulang balik perjalanan sekitar 60 kilometer Padangsidimpuan - Huta Bargot di timpa hujan badai demi menemui syeh Ismail, hal itu bukan jadi penghalang, katanya seraya menyebut setelah salat Subuh baru kembali ke Padangsidimpuan.

"Saya menilai sosok Syeh Ismail Lubis guru yang banyak berjasa dalam membina ilmu keagaman saya. Saya hanya berdoa kepada Allah agar membalas semua kebaikannya (Syeh Ismail),"tuturnya.

Beranjak dari makam Syeh Ismail Calon Wali Kota Isnandar dan rekam media  meluncur bersilaturahmi ke keturunan Syech H. Muhammad Hasan Lubis di Huta Godang, Kotanopan, Mandailing Natal sekaligus ziarah. 

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018