Medan,  (Antaranews Sumut) - Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sumatera 1 mempersiapkan lahan pembangunan dua ruas jalan tol di Sumatera Utara.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sumatera 1 Paul Ames Siahaan di Medan, Kamis, mengatakan, ruas jalan tol pertama dari Tebing Tinggi menuju Kuala Tanjung.

Ruas jalan tol kedua dari Tebing Tinggi yang sedang dalam penyelesaian menuju Kota Pematang Siantar.

Untuk rencana pembangunan jalan tol Tebing Tinggi-Pematang Siantar, pihaknya telah beberapa kali mengadakan pertemuan dengan Pemorov Sumut untuk memperoleh penentuan lokasi (penlok) jalurnya.

Selain mendukung kelancaran transportasi, pembangunan jalan tol menuju Pematang Siantar itu juga guna mendukung pelaksanaan proyek pemerintah pusat di kawasan Danau Toba yang ditetapkan menjadi kawasan strategis nasional.

Untuk ruas jalan tol Tebing Tinggi menuju Kuala Tanjung di Kabupaten Batubara, telah dilakukan penlok dari Pemprov Sumut.

Instansi yang berada di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tersebut sedang menyiapkan proses pembebasan lahan tol itu.

"Kami sudah memulai sosialisasi untuk (pembebasan lahan) itu," katanya.

Pihaknya mengharapkan pemerintah daerah yang menjadi lokasi pembangunan jalan tol itu dapat berperan aktif guna mempercepat pembebasan lahan yang dibutuhkan.

Pembangunan jalan tol tersebut sangat dibutuhkan untuk memperlancar arus transportasi yang semakin meningkat seiring bertambahnya jumlah kendaraan dan distribusi barang.

(T.I023/B/N002/N002) 22-03-2018 20:48:38

Pewarta: Irwan Arfa

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018