Kotapinang (Antaranews Sumut) - Pelajar sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Labuhanbatu Selatan akan mengikuti ujian nasional (UN) secara serentak. 

"Sebanyak 3.308 siswa akan mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Sedangkan, sebanyak 2.481 siswa masih mengikuti ujian nasional kertas pensil (UNKP)," kata Kadis Pendidikan Labusel, Sahrul Tanjung, Kamis di Kotapinang.

Dia menyampaikan, tahun ini sebanyak 39 sekolah yang mengikuti, yakni 28 SMP dan 11 MTs melaksanakan UNBK, sementara 39 sekolah masih melaksanakan UNKP. 

Pihaknya, akan menempatkan 374 petugas dengan sistem silang murni antar SMP dan MTs yang berbeda akan digelar secara serentak pada 23-26 April 2018 mendatang.

Sahrul tidak merasa khawatir para siswa kesulitan menghadapi UN, khususnya UNBK, karena telah dibekali pelatihan atau try-out, sehingga terbiasa dengan ujian berbasis komputer itu.

Secara tehnis, tenaga didik di Kabupaten Labuhanbatu Selatan sudah mengikuti pelatihan, untuk mendukung program tersebut.

Apalagi UNBK bukan kali pertama diterapkan. Tahun lalu juga sudah dilaksanakan. "Mudah-mudahan siswa dapat mengikuti secara baik dengan hasil memuaskan," katanya.

 

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018