Rantauprapat (Antaranews Sumut) - Ketua tim penggerak PKK Labuhanbatu, Siti Awal Siregar mengingatkan pentingnya dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat secara berkesinambungan di daerah.

"Kondisi lingkungan bersih dan sehat harus dijaga secara  berkelanjutan dengan memulainya dari diri sendiri, khususnya dalam lingkungan keluarga sehingga lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman dapat terwujud," katanya.

Hal itu dikatakan Ketua Tim Penggerak PKK Labuhanbatu Siti Awal Siregar dalam kunjungan supervisi lomba lngkungan bersih dan sehat di Desa Sei Penggantungan, Selasa.

Ia menjelaskan, Konsep kebersihan ini selaras dengan program Jum'at Bersih, Sabtu Hijau dan Minggu Sehat yang terus digelorakan Bupatai Labuhanbatu Pangonal Harahap.

Lingkungan yang bersih dan sehat tentunya dapat meningkatkan kualitas hidup. "Kebersihan adalah sebaian dari iman," ujarnya.

Kabid Persampahan Dinas Lingkungan Hidup, Dorlando Pakpahan mengatakan, lingkungan bersih dan sehat adalah yang bebas dari sampah.

Menurutnya, permasalahan sampah juga menjadi permasalahan umum. Pemkab Labuhanbatu juga sangat konsen untuk melestarikan lingkungan seperti Peraturan Bupati Nomor 4 Tahun 2017 tentang Jum'at bersih, Sabtu hijau dan Minggu sehat.

Pihaknya mengimbau masyarakat yang bermukim di pesisir pantai menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan, agar ekosistem laut dapat terjaga.

"Membuang sampah di laut sangat tidak di benarkan karna dapat membunuh habitat makhluk hidup yang ada di laut," katanya.

 

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018