Rantauparapat (Antaranews Sumut) - Bupati Kabupaten Labuhanbatu Pangonal Harahap berjanji akan mengaktifkan kembali aktifitas belajar mengajar SD Negeri 117499, Desa Suka Maju Kecamatan Panai Hilir dikarenakan ketiadaan peserta didik.

"Saya minta kepada dinas pendidikan tahun depan harus bisa jadi SMP dan dibuat rayonnya, supaya banyak muridnya yang belajar disekolah itu," kata Pangonal Harahap, dalam peresmian mess pemerintah daerah, Senin di Sei Berombang.

Dia menjelaskan, secara teknis untuk pengoperasian kembali sekolah yang ditutup itu, akan dilihat administrasi hingga sarana dan prasarananya.

Pihaknya berupaya mengoperasikan melalui aktifitas wilayah lanjutan atau rayon sekolah untuk keberlangsungan pendidikan di daerah.

Menurutnya, dengan dibentuknya suatu rayon di daerah dapat mengakomodir pelajar dan mengaktifkan kembali sekolah yang sudah tutup tersebut.

"Ini adalah program kita supaya sekolah yang dekat berbagi siswanya bila masuk ke SMP," katanya.

Pangonal mengemukakan, pelayanan publik seperti pendidikan merupakan program strategis pemerintah untuk pembangunan suatu daerah.

Pihaknya berusaha melayani masyarakat karena merupakan tugas utama pemerintah.

"Kami berusaha bagaimana supaya melayani masyarakat dengan baik dan bagus, karena itu tugas pemerintah," ujar Pangonal Harahap.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Labuhanbatu menutup SD Negeri 117499 di daerah pesisir Labuhanbatu karena minim peserta didik dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Warga setempat lebih memilih sekolah berbasis agama yakni, Madrasah Ibtidaiyah untuk mensekolahkan anaknya di wilayah itu.

Sekolah yang berdiri tahun 1982 itu, terakhir melakukan proses belajar-mengajar tahun 2017, dengan komposisi enam ruang kelas, satu orang kepala sekolah dan seorang guru honorer serta meluluskan enam orang siswa.

Namun, tahun ajaran 2017/2018, tidak ada siswa yang mendaftar sehingga terkendala dalam aktifitas belajar mengajar.


Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018