Medan  (Antaranews Sumut) - Tiga pasang bakal calon gubernur yang menjadi konstentan pada pemilihan kepala daerah atau pilkada Sumatera Utara tahun 2018 menjalani pemeriksaan jantung di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan, Kamis.

Ketua Tim Pemeriksaan Kesehatan Pilkada Sumut 2018, dr Ramlan Sitompul SpTHT-KL di Medan, mengatakan ketiga pasangan tersebut, yakni Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah, JR Saragih-Ance Selian, dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus.

Selain pemeriksaan jantung, menurut dia, ketiga bakal calon (Balon) Gubernur Sumut juga mengikuti pemeriksaan psikologi dan "Rontgen thorax" (rontgen dada).

"Jadi, untuk pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan tim medis pada hari ini, hanya psikologi, jantung dan foto rontgen," ujar Ramlan.

Ia menyebutkan, untuk pemeriksaan kesehatan Jumat (12/1) yakni tes bebas narkoba yang akan dilaksanakan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumut.

Kemudian, dilanjutkan dengan pemeriksaan darah, pemeriksaan mata, pendengaran, penciuman, urologi, bedah, dan pemeriksaan penunjang seperti elektrokardiogram (EKG)

"Pemeriksaan kesehatan terhadap balon gubernur Sumut itu, melibatkan lebih kurang 50 dokter ahli dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumut," ucapnya.

Ramlan menjelaskan, banyaknya jumlah dokter yang menangani pemeriksaan kesehatan tersebut, dan juga untuk memeriksa kesehatan untuk bakal calon bupati dan wakil bupati maupun bakal calon wali kota/wakil wali kota dilaksanakan Sabtu-Minggu (13-14/1).

RSUP Adam Malik Medan melaksanakan pemeriksaan kesehatan cagub dan cawagub, karena rumah sakit milik pemerintah tersebut, merupakan peringkat klas A.

"Jadi, sesuai dengan peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU), bakal calon gubernur, bupati dan wali kota harus memeriksakan kesehatan di rumah sakik klas A," kata Ramlan.

Di Sumut akan diselenggarakan pemilihan gubernur dan pilkada di delapan kabupaten/kota, yakni Kabupaten Langkat, Deliserdang, Dairi, Batubara, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Tapanuli Utara, dan Kota Padang Sidempuan.

Untuk pemilihan gubernur Sumut, tiga pasangan bakal calon yang telah mendaftar ke KPU, yakni Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah yang didukung Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Golkar, Partai Nasdem dan Partai Hanura.

Kemudian, pasangan JR Saragih-Ance Selian yang didukung Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

Pasangan Djarot-Sihar didukung Partai PDI Perjuangan dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2018