Simalungun, 22/12 (Antarasumut) - PT Suri Tani Pemuka (STP) menerima penghargaan sebagai unit pengolahan ikan terbaik di Sumatera Utara.

Penghargaan itu diserahkan Gubernur Sumatera Utara, HT Erry Nuradi kepada PGA Processing Plant PT STP, Handoko pada acara Puncak Hari Nusantara tingkat Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan di Pantai Jono, Kabupaten Batubara, Kamis 21 Desember 2017.

Direktur PT STP Toba Tilapia, Jenny  Budiati, Jumat, menegaskan komitmen perusahaan untuk selalu mengikuti peraturan yang ditetapkan pemerintah, seperti terkait dengan sistem manajemen lingkungan atau pengolahan limbah.

PT STP sebagai unit pengolahan Ikan Nila di kawasan Danau Toba, Kabupaten Simalungun juga berkomitmen untuk memajukan perekonomian warga sekitar, dengan melakukan usaha budidaya dari hulu ke hilir yang berada dalam satu kabupaten, dan juga menerima pegawai dari masyarakat di sekitar lokasi usaha.

Hasil budidaya Ikan Tilapia dari PT STP di kawasan Danau Toba diekspor untuk memenuhi pasar Amerika dan Eropa dengan standar kualitas premium dan memperhatikan aspek ramah lingkungan yang berkesinambungan.

"Selain itu kegiatan usaha ini juga menghasilkan devisa dan pajak retribusi bagi daerah," kata Jenny.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov Sumatera Utara, Zonni Waldi mengatakan, penghargaan tersebut diberikan atas usaha yang dilakukan PT STP dalam tatalaksana Cara Pengolahan Ikan yang Baik (CPIB).

CPIB itu mulai dari bahan baku berkualitas yang dihasilkan dari pemeliharaan ikan yang baik, peralatan dan sarana pengolahan ikan serta SOP yang digunakan dalam proses pengolahannya.

"Produk PT STP ini untuk memenuhi permintaan pasar internasional dan menjadi salah satu kebanggaan Sumatera Utara," ujar Zonny Waldi.

 


Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017