Kotapinang, 14/11 (Antarasumut) - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Selatan memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) untuk menggalang semangat kerjasama dalam segala sektor di daerah.

Wakil Bupati Labusel Kholil Jupri Harahap, Senin dalam peringatan HKN ke-53 di Kotapinang mengatakan, kegiatan ini momentum pemerintah maupun swasta agar saling mendukung dalam membangun kesehatan masyarakat tentang perilaku hidup bersih dan sehat.

Dalam membacakan amanat pidato Menteri Kesehatan RI Nila Farid Moeloek, Wabup menyampaikan, peringatan HKN merupakan momentum untuk meneguhkan kembali komitmen, menguatkan tekad serta menggugah semangat agar senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat serta terus berupaya menyadarkan masyarakat agar mandiri dalam aspek kesehatan.

Program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga pada dasarnya merupakan integrasi pelaksanaan program-program kesehatan baik upaya kesehatan perorangan (UKP) maupun upaya kesehatan masyarakat (UKM) secara berkesinambungan dengan target kepada keluarga berdasarkan data dan informasi dari profil kesehatan keluarga.

"Pendekatan pelayanan yang mengintegrasikan UKP dan UKM secara berkesinambungan dengan target keluarga didasari dan informasi dari profil kesehatan keluarga dan memberikan intervensi awal bila ada masalah terhadap 12 indikator seperti yang terdapat pada paket informasi kesehatan keluarga," katanya.

Pembangunan kesehatan juga melibatkan lintas sektor melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GermaS) untuk membangun kemandirian keluarga dan masyarakat dalam hidup sehat sehingga tercipta masyarakat yang produktif serta dapat berperan aktif dalam pembangunan nasional.

Pada kesempatan itu, Menkes mengajak seluruh insan kesehatan untuk menjadikan HKN ini sebagai momentum merefleksikan kembali pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan dalam melibatkan semua unsur.

"Mari kita kobarkan semangat melayani, menggerakkan, semangat untuk mampu menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan dalam pencapaian derajat kesehatan," katanya.

Selain itu, Menkes mengimabu jajaran kesehatan untuk senantiasa menggelorakan revolusi mental melalui penghayatan dan pengamalan 3 nilai utamanya yakni, integritas, kerja keras dan gotong royong.

Pewarta: Kurnia Hamdani

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017