Langkat, Sumut, 14/11 (Antara) - Tujuh desa di Kecamatan Tanjungpura, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara masih terendam banjir diakibatkan Sungai Batang Serangan meluap akibat curah hujan yang cukup tinggi, sehingga sedikitnya 50 warga masih mengungsi.

"Air banjir itu hingga sekarang belum juga surut," kata Camat Tanjungpura Surianto, di Tanjungpura, Selasa.

Rumah warga yang terendam banjir sebanyak 1.274 kepala keluarga yang berada di Desa Pekubuan sebanyak 151 kepala keluarga, Desa Pematang Cengal Barat sebanyak 227 KK.

Desa Paya Perupuk 89 KK, Desa Baja Kuning 240 KK, Desa Teluk Bakung 172 KK, Desa Pematang Cengal 52 KK, dan Kelurahan Pekan Tanjungpura 343 KK.

Selain itu terdapat 50 warga sekarang ini masih mengungsi di rumah famili maupun di tempat posko penampungan (poskesdes) yang berada di Desa Pematang Cengal Barat, katanya lagi.

Surianto juga menyampaikan terdapat seluas 16 hektare persemaian, pertanaman padi yang kemungkinan gagal panen serta tanaman palawija seperti cabai, kacang kedelai, kacang panjang, ubi kayu, ubi jalar, jagung seluas 6,5 hektare yang juga kemungkinan gagal panen.


Akibat banjir yang merendam tujuh desa di Kecamatan Tanjungpura ini terdapat sarana dan prasarana umum yang mengalami kerusakan di antaranya jalan desa Dusun Satu sepanjang 283 meter, Dusun Dua 1.200 meter, Dusun Tiga dan Empat sepanjang 850 meter di Desa Pematang Cengal Barat.


"Ada juga tanggul yang tergerus pada lima titik di Dusun Satu, Dua, dan Tiga sepanjang 1.000 meter di Desa Pematang Cengal Barat," katanya pula.

Pewarta: Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017