Medan, 9/11 (Antarasumut) -Sebanyak 21 Pengkab/Pengkot PBSI se-Sumatera Utara menerima pengunduran diri Ir Johannes IW sebagai Ketua Umum Pengprov PBSI Sumut periode 2014-2018 dengan hormat.

Hal itu ditetapkan pada rapat pengurus Pengprov PBSI Sumut yang berlangsung Rabu (8/11) di Hotel Emerald Garden Medan.

Rapat yang dipimpin Ade Huzaini SE dari Pengkab PBSI Labuhanbatu itu juga memutuskan menerima laporan pertanggungjawaban Ir Johannes IW dalam hal kegiatan, organisasi, pembinaan dan keuangan.

Selanjutnya pada rapat itu menetapkam Wakil Ketua Umum PengprovPBSI Sumut Dian AP Harhap untuk menjalankan roda organisasi sampai  dengan diterimanya pengunduran diri Ir Johannes IW oleh PP PBSI.

Para utusan Pengkab/Pengkot PBSI se-Sumut itu juga merekomendasikan untuk pelaksanaan Musyawarah Provinsi (Musprov) PBSI Sumut minimal dua minggu kedepan dengan melibatkan unsur pimpinan PP PBSI, KONI Sumut, pengurus PBSI Sumut serta selurush pengurus Kabupaten/Kota PBSI se-Sumut sesuai dengan AD/ART.

Keputusan mundur Ketua PBSI Sumut itu sebelumnya sempat membuat terkejut para pengurus PBSI se-Sumut. 

Ketua PBSI Deliserdang H Datuk Selamat Fery menyebutkan, sosok Johannes IW dinilai telah berjasa yang cukup besar bagi olahraga bulutangkis Sumut. 

“Segalanya telah beliau korbankan termasuk dana yang jumlahnya tidak sedikit. Di bawah kepemimpinan beliau, prestasi bulutangkis Sumut di level menunjukkan hasil yang menggembirakan,” ujar Datuk Fery.

Ketua KONI Sumut Jhon Ismadi Lubis menyebutkan, pihaknya sudah melakukan berbagai pendekatan dengan PP PBSI guna menyelesaikan konflik PBSI Sumut, namun pengurus pusat tetap pada pendiriannya yakni membekukan PBSI Sumut. 

Menurut Jhon Lubis, sosok Johannes tidak mungkin lepas begitudari bulutangkis karena beliau adalah salah satu pengurus di yayasan bulutangkis Sumut.

 â€œBeliau sudah empat periode sebagai ketua umum PBSI Sumut dan hal ini sangat terjadi di tubuh organisasi olahraga daerah ini dan PBSI Sumut masih butuh bimbingan dan arahan dari Johannes,” katanya.

Untuk tahaf selanjutnya, KONI Sumut akan minta kepada PP PBSI untuk segera melaksanakan Musprov PBSI Sumut dan KONI Sumut bersedia memfasilitasi pelaksanaan musyawarah tersebut.

Pada acara pelepasan Johannes sebagai Ketua Umum PBSI Sumut kemaren malam juga dihadiri Ketua Dewan Penasehat PBSI Sumut Jendral TNI (Purn) Djoko Santoso dan Mayjen TNI Purn Ricardo Siahaan, Ketua Pengprov PBSI DI Yogyakarta Kusdarto, Ketua Pengprov PBSI Sulewesi Barat, Ketua Pengprov Bengkulu, Ketua Dewan Penyantun PBSI Sumut Kasim Wijaya dan Sekum Ir H Syari Arwansyah. (. )

Pewarta: Juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017