Medan, 3/11 (Antarasumut) -  Anggota Komisi I DPR RI, Effendi Simbolon mengapresiasi proyek jalan Tol Medan-Binjai yang dipastikan akan mendorong perekonomian Sumatera Utara.

"Sama seperti Tol Medan -Tebingtinggi, Tol Medan -Binjai akan mendorong perekonomian, " ujarnya di Medan, Jumat.

Effendi , Kamis, melihat sejumlah proyek pembangunan infrastruktur di Sumut dalam masa resesnya di Sumut.

Dia menegaskan,  pembangunan jalan tol di Sumut dan infrastruktur lainnya menunjukkan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla memperhatikan Sumut.

infrastruktur, kata dia, memang sangat dibutuhkan daerah untuk mendorong perekonomian.

"Program Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla dengan sembilan agenda prioritas yang disebut Nawa Cita itu memang sangat berguna dan mwnguntungkan daerah," katanya.

Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan seperti di Sumut memang sudah terbukti sangat bergunq

Tol Medan -Tebingtinggi dan Medan-Binjai dipastikan banyak memberi keuntungan.

Dia menegaskan, ruas jalan tol Medan-Binjai  sepanjang 10,46 km dan Tol  Kualanamu-Sei Rampah yang merupakan ruas jalan tol terpanjang di Sumatera atau 42 km akan meningkatkan kelancaran lalu lintas barang dan orang.

Anggota DPR RI  dari Fraksi PDIP yang juga masih mendapat dukungan kiat dari  masyarakat untuk maju bertarung sebagai bakal calon Gubernur Sumut di Pilgub Sumut 2018, menyebutkan,  dengan lancarnya lalu lintas barang, maka biaya produksi dapat lebih murah.

Dengan biaya produksi lebih murah, maka harga jual barang produksi Sumut bisa bersaing dengan produk serupa dari daerah lain bahkan luar negeri.

"Pemerintah Provinsi Sumut, pemerintah daerah dn masyarakat Sumut diharapkan bisa memanfaatkan dan menjaga baik sarana jalan tol itu,"kata Effendi yang juga Ketua Umum Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) itu.

Effendi menegaskan, akan tetap mengawal proyek lanjutan kedua  tol itu yang belum dibangub seperti yang  ditargetkan yakni 16,73 kilometer untuk Medan -Binjai  dan  tol Medan -Kualanamu-Tebingtinggi yang sepanjang 61,65 kilometer.

"Infrastruktur harus terus ditingkatkan agar perumbuhan ekonomi Sumut bisa di atas 6 persen dari dewasa ini yang di kisaran 5-6 persen," katanya.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017