Siborongborong, 28/10 Sumut (Antara) – Penerbangan perdana pesawat Citilink jenis Airbus A320 dari bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta mendarat mulus di bandara Internasional Silangit Siborongborong, Sabtu.

Pendaratan mulus pesawat komersial tersebut sekira pukul 11.20 wib, menandai resminya pembukaan rute penerbangan Halim - Silangit oleh maskapai penerbangan tersebut.

Dalam keterangan pers sebelumnya,  Direktur Komersial Citilink Andy Adrian menjelaskan, layangan penerbangan ke Bandara Silangit masuk dalam wacana bisnis yang sudah lama. Rutenya sudah dipelajari dengan detail. Dan hasilnya selalu menunjukkan grafik positif.

“Citilink sudah lama merencanakan pembukaan rute penerbangan ke Bandara Silangit. Sebab bandaranya memiliki potensi, tetapi belum tersentuh secara maksimal,” ujar Andy.

Disebutkan, Citilink melihat jumlah pergerakan penumpang di Bandara Silangit tercatat sejumlah 153.135 penumpang di 2016. Dan, periode Januari-September 2017, telah tercatat 193.390 penumpang.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya periode Januari-September 2016 dengan jumlah penumpang 89.111, maka tercatat pertumbuhan penumpang di Silangit telah mencapai 216 persen.

“Akhir Oktober 2017 Bandara Silangit menjadi bandara internasional. Bandara Silangit akan dapat menerima 250.000 penumpang dengan asumsi penambahan frekwensi dari maskapai eksisting dan pembukaan jalur-jalur penerbangan baru dari beberapa maskapai seperti Citilink dan Lion Group,” jelasnya.

Selain peningkatan jumlah penumpang, infrastruktur Bandara Silangit juga ikut meningkat jauh. Landasan pacunya juga sudah memenuhi syarat untuk didarati pesawat Citilink tipe Airbus.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017