Sibolga, 30/9 (Antarasumut)-Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun TNI Ke 72, tahun 2017, Korem 023/KS  kerjasama  dengan PMI Kota Sibolga melaksanakan kegiatan Bakti Sosial berupa donor darah. 

Kegiatan ini dipusatkan di Denkesyah 01.04.02 Aek Habil Kota Sibolga, kemarin. Sedikitnya 280 prajurit TNI yang terdiri dari TNI-AD-AL-AU mengikuti kegiatan aksi donor darah itu ditambah lagi dari jajaran Persit Sibolga/ Tapteng.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Danrem 023/KS Kol Inf Donni Hutabarat  dan Ketua Persit KCK Korem 023/KS Ny Retha Donni Hutabarat, para perwira, bintara dan tamtama.

Menurut keterangan Kapenrem 023/KS, Mayor O. Simarmata kepada wartawan, Sabtu siang mengatakan, dari 280 pasukan TNI yang siap mendonorkan darahnya, hanya 200 orang yang memenuhi syarat untuk bisa diambil darahnya.

Sementara itu Danrem 023/KS Kol Inf Donni Hutabarat dalam sambutannya menyampaikan, bahwa dalam rangka menyambut HUT TNI yang ke 72 Tahun pada tanggal 5 Oktober 2017, dilaksanakan beberapa kegiatan seperti Bhakti Sosial Donor Darah sekaligus membantu masyarakat yang tengah membutuhkan darah. Karena setetes darah itu sangat berguna.

“Donor darah dapat bermanfaat untuk membantu mereka yang kekurangan darah. Selain itu juga turut menunjang kesehatan sipendonor. Jadi kegiatan ini sama-sama saling menguntungkan dan berbagi,” ucap Danrem.

Sementara itu Ketua penyelenggara donor darah Dandenkesyah 01.04.02 Letkol Ckm A. Rumahorbo mengatakan, bahwa pendonor darah yang rutin  sangat  bermanfaat karena  pemeriksaan analisis darah gratis saat mendonorkan darah.

Maka   akan diperiksa di laboratorium untuk pengujian sifilis, HIV, hepatitis, dan penyakit lainnya. Pemeriksaan itu untuk menentukan apakah pendonor darah  memenuhi syarat donor darah atau tidak.

“Jadi donor darah banyak sekali manfaatnya untuk menggantikan sel-sel yang sudah tua jadi muda. Dan meningkatkan  metabolisma tubuh makin bagus. Untuk itu jangan ragu untuk donor darah,”ajar Dandenkesyah.


Pewarta: Jason

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017