Medan, 15/9 (Antarasumut) - RSUP H Adam Malik menggelar senam bersama dengan para direksi dan manajemen rumah sakit, pada Jumat (15/09/2017) mulai pukul 07.30 WIB.

Senam yang rutin dilaksanakan setiap minggu di halaman Gedung Administrasi RSUP H Adam Malik ini dipimpin langsung oleh Direktur Utama (Dirut) RSUP H Adam Malik dr Bambang Prabowo MKes beserta jajarannya, dan diikuti pula oleh puluhan peserta.

Pada kesempatan tersebut, dr Bambang Prabowo MKes menegaskan bahwa kegiatan senam bersama ini merupakan bagian dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI pada akhir 2016 lalu.

RSUP H Adam Malik sendiri sebagai rumah sakit vertikal milik Kemenkes tentu turut mensosialisasikan
gerakan nasional tersebut kepada masyarakat luas, termasuk di lingkungan rumah sakit.

“GERMAS itu urusannya dengan masyarakat. Ada sosialisasi tentang masalah kesehatan, apalagi sekarang imunisasi digalakkan. Tentunya kita akan ikut di dalam bagian dari itu. Menyehatkan masyarakat itu bisa dengan mengajak masyarakat senam,
juga bisa sosialisasi tentang imunisasi yang sekarang sedang digalakkan,” jelas dr Bambang Prabowo MKes di sela-sela kegiatan senam bersama tersebut.

Selain itu, menurutnya kegiatan senam bersama ini juga bermanfaat untuk mencairkan suasana pegawai yang setiap hari harus menjalankan tugas-tugas pekerjaan. 

Dalam kata lain, kegiatan ini pun bisa menjadi salah satu upaya upaya mengelola stres, yang juga merupakan salah satu bagian dalam GERMAS. 

“Harapannya dengan kegiatan seperti ini, kita bisa cair. Kita lupakan dulu pekerjaan satu atau dua jam, kita akrabkan
satu dengan yang lain,” tambah dr Bambang Prabowo MKes dalam keterangannya.

Seperti diketahui, GERMAS dicanangkan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani bersama Menteri Kesehatan Prof dr Nila Farid Moeloek SpM(K) di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta, pada 15
November 2016. 

GERMAS merupakan gerakan nasional yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

GERMAS dapat dilakukan dengan cara melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan, dan menggunakan jamban. 

Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu melakukan
aktivitas fisik 30 menit per hari, mengonsumsi buah dan sayur, dan memeriksakan kesehatan secara rutin.

Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017