Panyabungan,  3/9 (Antarasumut)  - Bupati Mandailing Natal,  Drs. H. Dahlan Hasan Nasution resmikan puskesmas plus  Kotanopan,  Sabtu.

Turut hadir dalam peresmian tersebut,  ketua Dprd Madina,  Hj. Leli Hartati. S. Ag,  ketua Tp. Pkk,  Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution, Sekda,  Drs. Syafei Lubis,  Wakapolres, Kajari, wakil ketua Dpp Ikanas, Saifullah Nasution,  para pimpinan pondok pesantren, anggota Dprd Madina dari dapil Mandailing Julu, ketua Mui,  ketua Hikma Sumut,  Muspika dan tokoh-tokoh masyarakat Kotanopan.


Bupati Mandailing Natal,  Drs. H. Dahlan Hasan Nasution mengatakan,  puskesmas yang diresmikan ini merupakan puskesmas rawatan dan  merupakan sebagai langkah awal menuju pendirian rumah sakit umum  dikecamatan tersebut.

"Puskesamas ini baru awal.  Saya akan targetkan tahun 2018 ini menjadi rumah sakit daerah,"katanya.

Mengingat kecamatan Kotanopan merupakan kota pejuang dan kota pendidikan kepada para tokoh agama,  tokoh masyarakat serta naposo nauli bulung  diharapkan agar senantiasa  menjaga julukan kota tersebut sehingga nanti jangan sampai tercemar.


"Saya mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersatu padu menjaga nama Kotanopan sebagi kota pejuang dan kota pendidikan ini agar tidak tercemar, " katanya.

Pada kesempatan itu,  Bupati juga menyebutkan untuk kedepannya  kecamatan itu akan ditata dan dikelola oleh pemerintah daerah  sehingga kedepannya kecamatan itu   menjadi lebih rapi dan tertata.

"Imb juga akan dilimpahkan ke kotanopan  sehingga kedepan tanah-tanah kosong yang ada dikotanopan tidak sembarangan dibangunan." ujarnya.

Puskesmas perawatan yang diresmikan  ini merupakan hal yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Mandailing Julu sejak dahulu.  Mengingat selama ini para warga yang ada dikawasan Mandailing Julu itu selalu terkendala jarak jika hendak berobat ke rumah sakit daerah yang ada di kabupaten itu.

"Tahun 2018 nanti puskesmas ini akan menjadi rumah sakit daerah,  untuk itu saya mengharapkan kepada semua tokoh-tokoh masyarakat, para anggota Dprd untuk bersama-sama melakukan lobi kepada pemerintah baik yang ada diprovinsi maupun pusat sehingga semuanya lengkap, " harap Bupati.




Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017