Medan, 14/8 (Antarasumut) - Persatuan Drum Band Seluruh Indonesia Sumatera Utara diminta untuk memperbanyak kejuaraan, baik tingkat senior ma upun pelajar demi lebih banyak lagi melahirkan atlet-atlet potensial.

"Saya yakin semakin banyak kegiatan akan semakin banyak muncul atlet yang semakin mumpuni," kata Wakil Ketua Pengurus Besar Persatuan Drum Band Seluruh Indonesia (PDBI) Joko Sarwoko di Medan, Senin.

Hal itu ia sampaikan usai pelantikan PDBI Sumut periode 2017-2021 dibawah kepemimpinan Biller Pasaribu yang dirangkai dengan Kejurda Marching Band tingkat pelajar memperebutkan Piala Gubernur Sumatera Utara.

Ia mengatakan, dewasa ini drum band dan marching band terus mengalami perkembangan yang cukup baik di seluruh daerah seiring dengan tingginya animo para pelajar.

Seiring dengan tingginya animo tersebut, harus disahuti oleh PDBI dengan menggelar kejuaraan, karena melalui kejuaraan tersebut maka kemampuan mereka akan semakin terasah sehingga kedepan akan lebih banyak lahir atlet yang potensial.

"Hasrat yang tinggi itu harus terus didorong dan itu tugas PDBI dan pemerintah daerah dengan memasilitasi berbagai peralatan dan memperbanyak kejuaraan baik senior mau pun junior," katanya.

Ia juga mengapresiasi perkembangan drum band dan marching band Sumut yang terus mengukir prestasi di tingkat nasional dengan perolehan medali di beberapa PON yang lalu.

Pada PON XIX/2016 di Jawa Barat, Sumut berhasil meraih dua emas, dua perak dan dua perunggu, sementara di PON XVII/2008 di Kalimantan Timut, berhasil meraih dua emas dan satu perak.

"Tentunya prestasi tersebut bukan diraih dengan serta merta, melain melalui proses yang panjang dengan latihan yang keras," katanya.

Ketua PDBI Sumut Willer Pasaribu mengatakan, pihaknya memang telah mengagendakan beberapa kejuaraan tingkat daerah, baik senior maupun tingkat pelajar.

Hal itu dilakukan semata-mata demi lahirnya atlet-atlet potensial yang bisa mengukir prestasi di tingkat nasional, serta menjaga agar proses regenerasi terus berjalan dengan baik.

"Tentunya apa yang telah kita agendakan itu akan berjalan dengan baik dengan dukungan semua pihak terutama pemerintah daerah," katanya.

Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017