Medan, 2/8 (Antarasumut) - Pemko Medan resmi melaunching layanan pembayaran pajak dan retribusi melalui jaringan kantor dan delivery channel perbankan dalam hal ini Bank Sumut.

Dengan kerjasama ini, masyarakat kini dapat membayar pajak perizinan dan retribusi melalui kantor Cabang, ATM dan SMS Banking bank Sumut.

Dengan sistem yang telah terintegrasi secara online maka diharapkan penerimaan pajak pemko Medan akan meningkat sekaligus adanya transparansi dan tata administrasi yang lebih baik dalam pengelolaan pajak.
 
Hal ini tergambar pada saat acara soft launching penerimaan pajak dan retribusi online pemko medan kerjasama dengan Bank Sumut yang bertempat di pelataran parkir gedung dinas perizinan dan pelayanan terpadu satu pintu pemko medan Jln AH Nasution selasa (1/8) kemarin. 
 
Kepala BPKAD kota medan Irwan Ritonga dalam laporannya menyampaikan aplikasi eSTS ini dilakukan bertujuan untuk memdapatkan data akurat dalam hal penerimaan pajak daerah serta evaluasinya. 

Aplikasi ini nantinya akan dilaksanakan host to host yang terkoneksi dengan Bank Sumut sehingga masyarakat akan dapat dengan mudah membayar pajak melalui saluran distribusi yang disediakan yaitu kantor Cabang (teller), ATM dan SMS Banking Bank Sumut. 
 
Sementara kepala BPKAD Provinsi Sumatera Utara Agus Tripriyono menyampaikan kerjasama ini merupakan tindak lanjut dari langkah Pemprovsu untuk meningkatkan penerimaan daerah yang bersumber utama dari pajak. 

Diharapkan dengan launching aplikasi ini penerimaan pajak akan dapat lebih maksimal serta menyederhanakan proses administrasi pembayaran pajak sehingga menjadi lebih ekonomis,efisien dan praktis sesuai dengan prinsip prinsip transparansi.
 
Direktur Utama PT Bank Sumut Edie Rizliyanto dalam keterangan persnya kepada wartawan menyampaikan launching aplikasi pembayaran pajak dan retribusi secara online tersebut merupakan wujud komitmen Bank Sumut untuk menjadi Public Service bank yang mampu melayani transaksi masyarakat dengan berbasiskan teknologi.

 "Saat ini kerjasama dalam pelayanan perbankan kepada pemerintah kabupaten dan kota serta kepada masyarakat diantaranya adalah pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online melalui e samsat, aplikasi cms kasda, dan pembayaran PBB secara online, begitu juga dengan berbagai fasilitas lainnya dalam hal tabungan Bank Sumut diantaranya ATM dan SMS banking. 

Oleh karena itu kami mengajak kepada masyarakat kiranya dapat membuka Tabungan di Bank Sumut" kata Edie seraya menyampaikan selain ATM dan SMS banking nantinya Bank Sumut juga akan meluncurkan aplikasi mobile banking untuk kemudahan transaksi

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017