Sipirok,1/6(Antarasumut)-Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan menggelar upacara peringatan Hari lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni.

Upacara lahirnya Pancasila yang dipimpin Wakil Bupati Tapanuli Selatan Aswin Efendi Siregar tersebut berlangsung, Kamis  1 Juni 2017 di halaman kantor Bupati, Kilang Papan Dano Situmba, Sipirok.

Meski dalam suasana puasa Ramadhan namun tidak mengurangi minat hampir seribuan Aparatur Sipil Negara yang hadir sebagai peserta upacara.

Sekretaris Daerah Tapanuli Selatan Parulian Nasution, para Asisten, Staf Ahli, Kepala Dinas, Camat lingkungan Pemkab Tapanuli Selatan juga tampak hadir di upacara hari kelahiran pancasila tersebut.

Dalam amanat Presiden RI Joko Widodo sebagaimana dibacakan pemimpin upacara Wakil Bupati Aswin Efendi Siregar, mengungkap bahwa Pancasila diperkenalkan oleh Soekarno dalam pidatonya pada 1 Juni 1945.

"Soekarno memperkenalkan Pancasila setelah pada sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada 29 Mei-1Juni 1945. Dimana MUhammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno dalam hari hari tersebut memaparkan tentang dasar negara".

Namun setelah Soekarno menjelaskan Pancasila dalam pidatonya pada 1 Juni 1945, ada proses yakni menjadi Piagam Jakarta (Jakarta Charter) pada 22 Juni 1945 dan juga penetapan  Undang-undang Dasar yang juga finalisasi Pancasila pada 18 Agustus 1945.

"Seluruh pembahasan hingga hasil hingga finalisasi Pancasila tersebut adalah jiwa besar para founding fathers para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita,"kata Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Tuhan menakdirkan kita (masyarakat Indonesia) dari Sabang-Merauke adalah keberagaman.

Keberagaman dimaksud dari berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan telah bersatu padu membentuk Indonesia,"Itulah kebhinneka tunggal ika-an kita," pungkasnya.

Rangkaian upacara tersebut ditandai pembacaan surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Hari Lahir Pancasila.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017