Antarasumut- Sebagai upaya dalam mewujudkan kerukunan umat beragama, Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) mengedepankan dan menjunjung tinggi nilai kebersamaan di tengah perbedaan umat beragama di Indonesia khususnya di Kabupaten Samosir. 

Ketua Umum PSBI Dr Effendi MS Simbolon mengatakan, kehadiran PSBI di Indonesia diharapkan dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat, bangsa dan negara. Sebagai contoh konkrit, PSBI dalam wilayah mayoritas agama Kristen dan Katolik di Kabupaten Samosir menghormati agama lain yang minoritas untuk bebas menjalankan agama masing-masing.

"Di sini , terajut begitu baiknya hubungan emosional dan kekerabatan. Ini lah bukti bahwa Indonesia bisa tidak terpecah-belah meski memiliki perbedaan agama, suku dan ras," katanya pada Rapat Kerja Gabungan 53 Wilayah PSBI Sebagai Sumut, Aceh, Riau dan Sumbar di Grand Dainang Hotel Pangururan Samosir, Sabtu (27/5).

Menurutnya, masyarakat Indonesia tidak boleh terpengaruh terhadap pihak-pihak yang ingin merusak kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Setiap orang harus terus mencintai dan menerapkan NKRI harga mati di dalam diri masing-masing sehingga sekuat apapun isu perpecahan dapat ditepis dengan mudah.

"PSBI sangat peduli dengan kerukunan umat beragama. PSBI juga memberikan dukungan penuh kepada warga muslim yang menjalankan ibadah puasa," tandasnya.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon mengatakan, beragam agama ada di PSBI. Ia menjamin keamanan umat muslim di Samosir dalam menjalankan ibadah puasa dan selama ini kerukunan umat beragama di Samosir berjalan dengan harmonis.

"PSBI ingin terus berkembang bukan hanya di Indonesia tetapi dunia. Dan PSBI bukan hanya membahas masalah kekeluargaan dan agama saja tetapi membahas masalah toleransi dan masalah kebersamaan seperti kegiatan safari Ramadhan yang sudah dilakukan pihak PSBI dengan tujuan memberikan sesuatu kepada warga yang menjalankan ibadah puasa," tandasnya.

Setiap tahunnya, kata dia, pihaknya selalu melaksanakan acara berbuka puasa bersama dengan umat muslim di Samosir. Selain itu, juga bekerja sama dengan Bapak Kapolres agar tidak ada masuk provokasi-provokasi dari luar yang merusak kerukunan antarumat beragama di Samosir.

Salah satu bentuk toleransi yang telah dilakukannya di Samosir yakni akan mendukung pembangunan musholla diberbagai objek wisata yang ada di Samosir. Sehingga wisatawan muslim mudah melaksanakan ibadah.

Dalam Rapat Kerja Gabungan 53 Wilayah PSBI Sebagai Sumut, Aceh, Riau dan Sumbar yang dihadiri sekitar 400 peserta tersebut juga dilakukan pelantikan pengurus PSBI dari 10 wilayah di Sumut. 
rapat kerja ini sebagai persiapan pra kongres pesta bolon yang akan dilaksanakan PSBI Juli 2017 mendatang. 

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017