New York, 6/5 (Antara/Xinhua) - Harga minyak dunia berbalik naik atau "rebound" pada Jumat (Sabtu pagi WIB), karena para investor melakukan pembelian kembali setelah penurunan tajam hari-hari sebelumnya.

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juni, naik 0,70 dolar AS menjadi menetap di 46,22 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara itu, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Juli naik 0,72 dolar AS menjadi ditutup pada 49,10 dolar AS per barel di London ICE Futures Exchange.

Harga minyak anjlok pada Kamis (4/5), dengan minyak mentah AS dan minyak mentah Brent jatuh lebih dari empat persen, karena kekhawatiran tentang kelebihan pasokan global mengurangi sentimen para investor.

Para pedagang juga didorong oleh harapan untuk perpanjangan pemotongan produksi minyak. Gubernur OPEC Arab Saudi Adeeb Al-Aama mengatakan pada Jumat (5/5) bahwa Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan negara-negara non-OPEC hampir menyetujui kesepakatan mengenai pemangkasan pasokan, menurut Reuters.

Sementara itu, jumlah rig yang beroperasi di ladang-ladang AS meningkat 6 rig menjadi 703 rig minggu ini, menandai kenaikan keenam belas kali berturut-turut, perusahaan jasa ladang minyak Baker Hughes melaporkan pada Jumat (5/5).

Pewarta: Antara

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017