Panyabungan, 25/4 (Antarasumut) – Mengingat penyakit kanker  mulut rahim  (Serviks) merupakan penyakit yang sangat sulit diobati dan bahkan memungkinkan menimbulkan kematian para  kaum ibu diiingatkan agar selalu senantiasa menjaga kesehatan diri.
 
“Berdasarkan dari  data kesehatan bahwa penderita kanker mulut rahim/serviks berada pada urutan teratas pada perempuan indonesia untuk itu  para kaum ibu saya harapkan untuk senantiasa memperhatikan dan menjaga kesehatan diri,” ujar ketua Tp.Pkk kabupaten Mandaling Natal, Ny.Ika Desika Dahlan Hasan Nasution pada  acara sosialisasi dan pemeriksaan IVA tes di Puskesmas Panyabungan Jae, Selasa.
 
Ia mengatakan, penyakit kanker mulut rahim ini  merupakan penyakit yang timbul hampir tanpa ada gejala dan biasanya sipenderita yang terdeteksi sebahagian besar sudah dalam stadium lanjut akibatnya sangat  sulit terobati dan kemungkinan akan  menimbulkan kematian.
 
“Penyakit ini sangat sulit terobati dan kemungkinan menimbulkan kematian, untuk itu saya ingatkan  agar ibu-ibu agar senantiasa menjaga kesehatan diri,” ujarnya.
 
Disebutkannya, dengan adanya  program  peningkatan pencegahan deteksi kanker pada kaum perempuandari Pkk  ini diharapkan nantinya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya kaum perempuan.
 
Dengan dilaksanakannya program pelaksanaan IVA Tes tersebut para ibu ibu juga dihimbau  dan diajak untuk selalu datang ke puskesmas yang ada  diseluruh kecamatan yang ada di Mandailing Natal untuk melakukan pemeriksaan kanker mulut rahim.
 
“Dengan adanya IVA Test tersebut sedini mungkin penyakit kanker mulut rahim akan dapat terdekteksi,” harapnya.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017