Serampah, 25/4 (Antarasumut) - Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) yang kita laksanakan setiap tahun merupakan momentum untuk mengevaliasi perkembangan kinerja pelaksanaan otonomi daerah pada masing-masing daerah otonomi. 

Setiap pemerintah daerah harus senantiasa berupaya untuk meningkatkan kinerja yang telah dcapai, seraya mengatasi berbagai hambatan dalam pelaksanaan otonomi daerah.

Hal ini diungkapkan Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri) Tjahjo Kumolo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Pemerintahan Umum Drs. Ramses Tambunan, M.Si pada Upacara Peringatan Hari Otda-XXI di halaman Kantor Bupati Serdang Bedagai (Sergai) di Sei Rampah, Selasa (25/4) yang  turut dihadiri para Asisten dan Setaf Ahli Bupati, Para Kepala OPD dan Camat se-Sergai serta ratusan PNS dilingkungan Pemkab Sergai.

Lebih lanjut Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa dalam pelaksanaan otonomi daerah memiliki beberapa tujuan utama yang harus menjadi prioritas kebijakan daerah pada setiap Pemerintah Daerah di Indonesia, bahwa  Pemerintah Daerah harus senantiasa fokus pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan pemberdayaan masyarakat dan peningkatan daya saing perekonomian daerah.

Kemudian penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka pelayanan publik, telah diatur  dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah yang menegaskan bahwa Pemerintah Daerah  dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam penyelenggaraan pelayanan  publik. 

Hal tersebut sesuai dengan tema hari Otda -XXI tahun 2017 “Dengan semangat otonomi daerah, kita tingkatkan kinerja pelayanan publik melalui e-Government,” ungkap Mendagri.

Pewarta: juraidi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017