Sipirok,20/4(Antarasumut)-Provinsi Sumatera Utara akan melibatkan atau mengikutsertakan berbagai kegiatan  nantinya dalam Pekan Nasional (Penas) Petani dan Nelayan XV 2017 pada 6-11 Mei mendatang di Kota Banda Aceh Provinsi Aceh.

Dalam penjelasannya di Sipirok, Rabu, Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan Tapanuli Selatan Juang Pakpahan, mengatakan, peserta Tapanuli Selatan yang berjumlah dua puluh orang akan dilibatkan dalam tujuh bidang kegiatan di Penas XV.

Pertama ada yang dilibatkan di rembuk media dan rembuk utama dikegiatan ini Tapanuli Selatan turut memilih menyepakati dalam keputusan penentuan lokasi Penas XVI  berikutnya.

Kemudian di temu profesi para petani Ikatan Magang Jepang (Ikameja), Himpinan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dan Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya(P4S) daerah itu.

Selain itu temu asosiasi penyuluh swadaya, mengiktu lokakarya, temu sukses petani dan penyuluh serta mengikuti kegiatan lomba tangkap belut.

Seluruh peserta berjumlah 20 orang itu tergabung mulai dari profesi, kelompok wanita tani, kelompok tani, Ikamaja, petani alumni Thailand, P4S, penyuluh, HKTI dan mitra kerja.

Sementara untuk kegiatan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) juga katanya akan mengikuti kegiatan diantaranya kordinasi seluruh Kepala Dinas Pertanian Provinsi se-Indonesia.

Baca: Bupati Tapsel Hadiri Penas Aceh
          Penas Aceh: Sumut Tampilkan Kopi dan Salak Tapsel

Baru turut berkordinasi bersama pihak kementerian perikanan dan kelautan, kementerian perindustrian perdagangan dan kementerian lingkungan hidup disamping pertemuan seluruh Gubernur Bupati dan Walikota.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017