Panyabungan, 11/4 (Antarasumut) - Warga masyarakat desa Singkuang dan desa Singkuang II Kecamatan Muara Batang Gadis mengharapkan kepada  Pemerintah Daerah kabupaten Mandailing Natal untuk merealisasikan pembukaan  areal  percetakan sawah baru didua desa tersebut.
 
“Selain upaya meningkatkan swasembada pangan,  dengan adanya percetakan sawah baru ini nantinya diharapkan bisa  meningkatkan perekonomian warga didua desa kita,” ujar Kepala Desa Singkuang, Amsar Nasution bersama Kepala Desa Singkuang II,  Hilman Parinduri kepada ANTARA, Selasa.
 
Mereka mengatakan, pembukaan percetakan sawah baru ini sudah merupakan dambaan dari warga masyarakat sejak dulu,  apalagi saat ini areal persawahan pada kecamatan itu sangat sulit dijumpai hal ini dikarenakan  lahan-lahan warga  yang ada pada kecamatan itu  mayoritas ditanami  penduduk dengan tanaman sawit.

“Kalau soal lahannya sudah kita siapkan seluas 300 hektar,” ujar Amsar.

Disebutkannya, lahan yang dipersiapkan oleh dua desa ini sebelumnya juga sudah merupakan areal persawahan bagi para orang tua para warga yang ada di dua desa tersebut. 

Dan untuk sumber air  untuk mengairi persawahan ini nantinya direncanakan berasal dari dua sungai yakni, sungai Batang Gadis dan Sungai Siliam yang lokasinya berdekatan dengan rencana percetakan sawah tersebut.

"Kita sudah bersepakat dengan para warga didua desa ini,   bila nanti lahan yang dipersiapkan ini layak menjadi areal persawahan baru tidak akan dipergunakann menjadi lahan perkebunan,” sebutnya.

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017