Medan, (antarasumut)- Punguan Simbolon dohot Boruna Indonesia (PSBI) akan mengadakan Pesta Bolon pada Juli 2017 mendatang.Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian dengan pelestarian adat istiadat Suku Batak yang perlahan mulai tergerus jaman.

"Pesta Bolon ini dilakukan sekaligus menyambut pelaksanaan Kongres III PSBI. Dalam Pesta Bolon ini juga akan dilaksanakan berbagai perlombaan, mulai dari perlombaan olahraga hingga lomba tari adat Batak," kata Ketua Panitia Kongres PSBI Gumanti Naek Simbolon, Minggu (26/3).

Pertandingan yang akan digelar pada acara ini diantaranya sepakbola, bola voli, catur dan lari. Kemudian, ada juga lomba festival seni dan budaya, di antaranya lomba paduan suara, lomba vokal group Batak, lomba vokal solo anak, lomba cipta lagu Batak, Opera Batak, Lawak Batak, pameran, bazaar, lomba photo, lomba mewarnai dan kegiatan sosial donor darah.

"Semua perlombaan ini akan kita mulai 1 April mendatang. Kegiatan ini untuk memperkuat rasa persaudaraan dan pengetahuan tentang adat istiadat Suku Batak," tegasnya.

Gumanti Simbolon menambahkan, pesta ini dilaksanakan untuk melestarikan warisan nilai-nilai masyarakat adat Batak yang diwariskan oleh leluhur marga Simbolon. PSBI ini turut serta memberdayakan anggota dalam mencapai kesejahteraan jasmani dan rohani.

"Tujuannya adalah mewujudkan suatu masyarakat adat yang sejahtera, adil dan makmur melalui menjaga, memelihara dan mengembangkan nilai-nilai luhur masyarakat adat Batak yang diwariskan oleh leluhur marga Simbolon. Itu sebagai modal dasar dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara," tegasnya.

PSBI juga akan mengembangkan dan menata sumber daya anggota agar mampu beradaptasi di era globalisasi , dan dapat mewujudkan kehidupan yang lebih baik. Ikut serta meningkatkan peran anggota sebagai bagian dari masyarakat Indonesia dalam segala bidang kehidupan, baik di tingkat nasional maupun global.

"Kita juga berperan aktif untuk ikut serta bersama komponen masyarakat lainnya mewujudkan masyarakat Indonesia yang adil dan makmur, baik Jasmani maupun spiritual," tukasnya.

Ketua Umum PSBI, Effendi MS Simbolon mengatakan, dalam kongres ketiga ini, nanti akan kembali memilih Ketua Umum baru periode 2017-2022. Untuk memeriahkan kongres ini, pihaknya melakukan Pesta Bolon. Pesta Bolon ini sendiri sudah menjadi tradisi PSBI bersamaan dengan pelaksanaan kongres. Pengurus juga selalu mengajak seluruh keluarga besar Simbolon untuk ikut melaksanakan syukuran bersama.

"Syukuran keluarga ini dinamakan Pesta Bolon Simbolon, yang artinya adalah syukuran akbar keluarga besar Simbolon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas Kasih Karunia-Nya kepada seluruh keluarga besar," tuturnya.

Nantinya, kata dia, keluarga besar Simbolon yang hadir di Pesta Bolon 2017 ini diperkirakan lebih dari 5.000 orang, seluruhnya diimbau untuk ikut donor darah. Pesta ini akan dilaksanakan di Jakarta. 

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017