Pematangsiantar, Sumut, 21/3 (Antara) - Perayaan HUT Pemadam Kebakaran di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, Selasa, dirangkai dengan atraksi pemadaman api dan demo kemampuan armada serta petugas.

Atraksi dikemas dengan membuat reflika satu unit rumah sederhana di tengah halaman Lapangan Adam Malik yang tiba-tiba terbakar dan membuat panik pemilik rumah.

Sejumlah petugas pemadam kebakaran dari Pemkot Pematangsiantar bersama Satpol Pamong Praja dengan sigap dan dalam waktu singkat memadamkan api.

Ketua Panitia HUT Damkar Sugiarto menjelaskan, kegiatan itu dilakukan dalam rangka memupuk jiwa korsa, semangat juang, profesionalisme dan penghargaan terhadap petugas yang memiliki risiko dalam melindungi dan menyelamatkan masyarakat dan aset yang ada.

HUT Damkar, kata Sugiharto, secara nasional dirayakan setiap tanggal 1 Maret.

Wakil Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah yang memimpin perayaan HUT Damkar membacakan amanat dari Menteri Dalam negeri, Tjahyo Kumolo.

Mendagri mengatakan, sosok petugas pemadam kebakaran yang memberikan pelayanan kepada masyarakat dilandasi semangat Panca Dharma.

Panca Dharma itu adalah pencegahan dan pengendalian kebakaran, pemadaman kebakaran, penyelamatan, pemberdayaan masyarakat serta penanganan kebakaran bahan berbahaya beracun.

Petugas pemadam kebakaran wajib siaga 24 jam, tidak mengenal libur, dan siap memadamkan api dengan motto "Pantang Pulang Sebelum Api Padam Walaupun Nyawa Taruhannya".

Mendagri mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk melakukan gerakan perang terhadap kebakaran dengan mengedepankan tindakan preventif atau pencegahan daripada responsif kebakaran.

Ajakan itu mengingat kebakaran dapat menimbulkan korban jiwa, kerugian materi, kehilangan pencaharian, kemunduran ekonomi dan kerugian lainnya.

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017