Tapanuli Selatan,17/2(Antarasumut)-Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Pesantren Modern Unggulan Terpadu Darul Mursyid (PDM) Simanosor Julu, Kecamatan SD.Hole, Kabupaten Tapanuli Selatan sudah berakreditasi A.

Kepala sekolah Madrasyah Tsnawiyah PDM Ali Ibrahim Siregar melalui Antarasumut, Kamis menyampaikan predikat akreditasi A itu diberikan badan akreditasi nasional sekolah/madrasah (BAN-S/M) nilainya 96,00.

Sesuai surat keputusan penetapan hasil akreditasi BAP-S/M NSS/NIS/NSM: 121212030012, tertanggal 09 Nopember 2012. Sekaligus nilai tertinggi tingkat MTs di Sumatera Utara.

"Untuk tingkat MTs se-Indonesia yang berjumlah 83 sekolah akreditasi MTs Swasta Darul Mursyid berada diposisi enam,"katanya.

Ia mengatakan akreditasi bagi satu sekolah itu penting, ada proses penilaian (assesmen) secara sistematis dan komprehensif, kegiatan evaluasi diri dan evaluasi eksternal (visitasi) sebagai penentuan kelayakan dan kinerja sekolah.

“MTs Swasta Darul Mursyid dengan peringkat “A” bernilai 96,00 satu nilai yang hampir sempurna, sekaligus memposisikan diri paling tinggi di Sumatera Utara untuk tingkat MTs,” sebutnya.

Wakil direktur bidang pendidikan itu menyebut untuk mendapatkan nilai akreditas baik haruslah didukung fasilitas belajar, fasilitas pendukung pembelajaran, pelayanan, dan sistem manajemen yang baik pula.

Terpisah Jafar Syahbuddin Ritonga sebagai Ketua Yayasan Pendidikan Haji Ihutan Ritonga pengelola Darul Mursyid mengatakan selain tingkat MTs pihaknya juga mengelola Madrasyah Aliyah (MA).

Sistem pembelajaran disekolah tersebut menerapkan sekolah berasrama (boarding school), 24 jam peserta didik diawasi, dibina dan di bimbing dalam menuntut ilmu.

"PDM menanamkan generasi  yang memiliki karakter Islami, mereka dipersiapkan sebagai pemimpin masa depan memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi dan berkepribadian muslim sejati,”katanya.

Fasilitas pendukung dalam proses belajar mengajar serba modern dan cukup memadai sehingga mampu menyaingi sekolah sekolah umum ternama lainnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2017